Pj Wali Kota Batu Berharap Education Fair Dapat Dorong Minta Siswa untuk Kuliah

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

7 November 2023 07:15 7 Nov 2023 07:15

Thumbnail Pj Wali Kota Batu Berharap Education Fair Dapat Dorong Minta Siswa untuk Kuliah Watermark Ketik
Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai meninjau Education Fair di GOR Gajahmada Kota Batu, Selasa (7/11/2023). (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai meninjau Education Fair atau Pameran Pendidikan dan Informasi Perguruan Tinggi dan Lembaga Bimbingan Belajar di GOR Gajahmada Kota Batu, Selasa (7/11/2023).

Melalui Pameran tersebut, Aries berharap membuat siswa SMA SMK dan yang sederajat semakin berminat sekaligus terdorong motivasi mereka untuk meneruskan studi ke perguruan tinggi.

"Ini bagus karena siswa SMA sekarang sedang masanya mencari berbagai perguruan untuk melanjutkan pendidikan. Dimana siswa akan memilih mana yang terbaik untuk mereka melanjutkan pendidikan baik itu yang bersifat kejuruan atau umum," jelas pria yang juga menjabat Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur itu.

Ia yakin, para siswa pasti akan berminat meneruskan pendidikan dengan adanya pameran ini. Karena semakin banyak siswa meneruskan pendidikan perguruan tinggi, maka semakin baik untuk tingkat pendidikan ke depan.

Menurutnya, sebagian siswa berharap pada saat lulus dan melanjutkan pendidikan bisa juga mengakses dunia kerja. Terlebih perguruan tinggi juga membuka peluang kemudahan kerja sembari kuliah.

"Tadi juga kita lihat beberapa perguruan tinggi, insitut, maupun politeknik yang langsung menerapkan pola kerja. Sehingga mereka masuk ke dunia pendidikan dan bekerja," urainya.

Lebih lanjut Aries berharap Education Fair tidak di selenggarakan sekali dalam setahun. Menurutnya, semakin banyak pameran, maka semakin banyak siswa mengenal dunia pendidikan perguruan tinggi.

Targetnya siswa bisa masuk ke perguruan tinggi dan tidak putus sekolah. Serta, siswa bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan biaya yang bisa mereka penuhi. 

"Kalau bisa setahun 2 kali atau diselenggarakan. Karena ada dua semester sehingga mereka punya gambaran. di pameran ini mereka punya pilihan mana yang biaya murah dan mahal," jelasnya.

Education fair merupakan agenda rutin dari Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) Kota Batu. Dengan tujuan memberikan wawasan kepada siswa kelas 12 untuk memilih perguruan tinggi sesuai minat dan bakat mereka.

"Kami mengundang seluruh siswa SMA dan yang sederajat sebagai pengunjung. Dan Alhamdulillah tujuan dengan memberikan semangat kepada siswa untuk memilih progam studi perguruan tinggi," ujar Ketua MGBK Kota Batu, Wiwik Hidayati.

Menurut Wiwik ada Ada 34 perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang mengikuti pameran tersebut. Tidak hanya perguruan tinggi dari malang, namun ada perguruan tinggi dari Jogjakarta dan Jakarta.

"Harapan kami memberikan wawasan kepada siswa kelas 12 untuk bisa memberikan informasi tentang minat mereka untuk memilih program studi di perguruan tinggi," tegasnya.

 

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Education fair Pameran pendidikan Pj Wali Kota Batu