Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi: Gerakan Pramuka Garda Terdepan Membangun Bangsa

Jurnalis: Wisnu Akbar Prabowo
Editor: M. Rifat

20 Agustus 2024 02:00 20 Agt 2024 02:00

Thumbnail Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi: Gerakan Pramuka Garda Terdepan Membangun Bangsa Watermark Ketik
Para peserta Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-63 tingkat Provinsi Sumsel Tahun 2024 yang digelar di halaman Griya Agung Palembang, Senin (19/8/2024). (Foto: Rilis Pemprov Sumsel)

KETIK, PALEMBANG – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Elen Setiadi menyebut Gerakan Pramuka adalah garda terdepan untuk membangun dan memperkokoh pilar-pilar bangsa yang tertanam dalam keseharian masyarakat Indonesia.

Hal itu diungkapkan saat dirinya menjadi inspektur upacara (Irup) Peringatan Hari Pramuka Ke-63 tingkat Provinsi Sumsel Tahun 2024 yang digelar di halaman Griya Agung Palembang pada Senin (19/8/2024) pagi. 

Dalam sambutannya, Elen menjelaskan bahwa peran dan komitmen Gerakan Pramuka sebagai organisasi bertujuan untuk membentuk setiap anggota Pramuka agar memiliki kepribadian sesuai dengan Dasa Dharma Pramuka.

“Gerakan Pramuka ini bertujuan untuk membentuk setiap anggotanya agar beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa,” kata dia.

Menurutnya, Pramuka sebagai organisasi pendidikan non formal tak hanya bertanggung jawab atas karakter anggotanya.

Mereka juga dituntut aktif pada bidang lainnya seperti pengabdian masyarakat, pemeliharaan lingkungan hidup, dan hal-hal lain yang bersifat membangun.

Dalam hal ini, ia menekankan para pengurus Pramuka untuk terus melakukan transformasi kurikulum agar bisa beradaptasi dengan kebutuhan zaman saat ini dan pada masa yang akan datang.

Elen berharap, kegiatan kepramukaan di Provinsi Sumsel terus mengalami peningkatan dengan pola kegiatan yang disesuaikan dengan kebutuhan generasi muda.

“Dan yang lebih penting lagi, bagaimana Pramuka dapat berkontribusi dan berkolaborasi dengan pemerintah, masyarakat, dunia usaha dan industri dalam pembangunan di Provinsi Sumsel,” harapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Kwartir Daerah Provinsi Sumsel, Riza Fahlevi dalam laporannya mengatakan, upacara peringatan Hari Pramuka dilakukan di setiap Kwartir Cabang se-Provinsi Sumsel.

Untuk pelaksanaan di Griya Agung Palembang sendiri, pihaknya melibatkan 2.000 orang peserta yang terdiri dari Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega, serta para Pembina Pramuka.

Selain mengadakan upacara, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan Kwartir Daerah Sumsel memberikan penghargaan kepada anggota Pramuka dan orang yang berjasa bagi kepentingan Gerakan Pramuka, salah satunya Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi.

“Kami mohon Bapak Pj Gubernur untuk menerima penghargaan Gerakan Pramuka dan berkenan menyematkan lencana Melati, Darma Bakti, Karya Bakti dan Pancawarsa tersebut kepada perwakilan penerima,” ucapnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pramuka Gubernur Sumsel Bangsa elen setiadi griya agung Palembang Hari Pramuka ke-63 Upacara