Besok, KPU Sumsel Akan Tetapkan Paslon Pilkada Serentak 2024

Jurnalis: Wisnu Akbar Prabowo
Editor: Muhammad Faizin

21 September 2024 16:20 21 Sep 2024 16:20

Thumbnail Besok, KPU Sumsel Akan Tetapkan Paslon Pilkada Serentak 2024 Watermark Ketik
Ketua KPU Sumsel, Andika Pranata Jaya (tengah). (Foto: Wisnu Akbar Prabowo/Ketik.co.id)

KETIK, PALEMBANG – Pada Minggu, 22 September 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel) akan menetapkan pasangan calon kepala daerah yang akan berlaga di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Penetapan ini meliputi seluruh pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota dan Wakil Walikota, serta Bupati dan Wakil Bupati se-Provinsi Sumsel.

"Penetapan pasangan calon ini akan menjadi tonggak awal dimulainya masa kampanye dan tahapan selanjutnya dalam Pilkada Serentak 2024," ungkap Ketua KPU Sumsel, Andika Pranata Jaya pada Sabtu, 21 September 2024.

Dalam penetapan ini, KPU Sumsel akan menyiarkannya secara langsung melalui akun media sosial KPU Sumsel.

Hal ini bertujuan untuk menyediakan layanan bagi masyarakat yang ingin menyaksikan penetapannya, namun tidak dapat hadir langsung ke lokasi.

"Khususnya bagi rekan-rekan yang tidak dapat hadir secara langsung, KPU Provinsi Sumatera Selatan menyediakan layanan live streaming melalui akun resmi media sosial KPU Sumsel," ujarnya.

Selain penetapan peserta Pilkada 2024, Andika menegaskan, ada dua agenda lain yang akan menjadi fokus utama KPU Sumsel dalam waktu dekat.

Pertama, penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk 17 kabupaten dan kota di Sumatera Selatan akan dilakukan secara bertahap dan berturut-turut. 

Selanjutnya, pada Senin 23 September 2024, KPU akan melakukan pengundian nomor urut bagi para paslon yang telah ditetapkan. 

Menurut Andika, pengundian nomor urut ini menjadi salah satu momen penting dalam proses Pilkada, sebab nomor tersebut akan menjadi identitas resmi yang digunakan oleh masing-masing paslon dari masa kampanye sampai pemilihan tiba.

Pilkada Sumsel Minim Konflik

Dari masa pendaftaran sampai hari ini, Andika menerangkan bahwa pelaksanaan Pilkada Sumsel tidak menemukan kendala serius.

“Alhamdulillah, pemilihan serentak di Provinsi Sumatera Selatan berjalan dengan baik, tanpa adanya konflik yang berarti,” katanya.

Dia berharap, iklim Pilkada di Sumsel sampai hari pemilihan berjalan lancar dan kondusif.

Ia juga mengimbau para insan media untuk turut bekerjasama terkait penyampaian informasi Pilkada Sumsel agar bisa tersampaikan dengan baik kepada masyarakat.

“Kami berharap dengan adanya kerja sama yang baik antara KPU dan media, informasi terkait tahapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur bisa tersampaikan secara luas dan tepat kepada masyarakat Sumatera Selatan,” jelas Andika.

Tombol Google News

Tags:

pilkada nama calon Gubernur wakil Wali Kota Sumsel Palembang Kota Bupati Nomor urut