Pj Bupati Banyuasin H. Hani S Rustam Jadi Pengantin di Solo Naik Perahu Pinisi Sumsel Sabet Juara Umum

Editor: Bubun Kurniadi

20 Mei 2024 08:25 20 Mei 2024 08:25

Thumbnail Pj Bupati Banyuasin H. Hani S Rustam Jadi Pengantin di Solo Naik Perahu Pinisi Sumsel Sabet Juara Umum Watermark Ketik
Pj Bupati Banyuasin H. Hani S Rustam Jadi Pengantin di Solo Naik Perahu Pinisi (Foto: Kominfo Banyuasin)

KETIK, PALEMBANG – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni mengapresiasi Provinsi Sumsel yang menjadi juara umum penilaian kendaraan hias terbaik dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) 2024. Hal ini diungkapkannya saat mengunjungi stan Provinsi Sumsel pada Expo Usaha Mikro Kecil di Pamedan Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, kemarin.

Momen pawai itu, dipadati ribuan warga Kota Solo yang sepanjang jalan Selamet Riyadi terlihat antusias saat salah satu mobil hias kontingen Propinsi Sumsel dari Dekranasda Kabupaten Banyuasin melintas yang diatasnya membawa Pj Bupati Banyuasin H. Hani S Rustam didampingi Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Banyuasin Hj. Merry Hani, dengan mengenakan pakaian adat pengantin Banyuasin.

“Wihh ada kapal…ada kapal….” ucap anak-anak bersemangat. Tak hanya itu banyak juga masyarakat Solo yang kagum akan penampakan buah sawit asli yang ikut menambah ornamen mobil hias yang berbentuk perahu pinisi itu.

"Itu apa.. Itu apa… Ohh itu buah sawit toh” percakapan serupa sering terdengar saat mobil hias Dekranasda Kabupaten Banyuasin melintas. “Sumatera Selatan juga Kabupaten/Kota ini mengikuti lomba mobil hias dan alhamdulillah kita mendapat juara umum. Ini suatu kebanggaan bagi Sumatera Selatan,” kata Fatoni kepada ketik.co, Senin (20/5/2024) usai menghadiri Expo itu.

Fatoni mengatakan Dekranasda Provinsi Sumatera Selatan mengikuti parade mobil hias bertema kemegahan kerajaan Sriwijaya. Dekranasda Sumsel mengirimkan lima mobil hias perwakilan dari Disbudpar Sumsel menampilkan mobil hias gajah yang membawa raja beserta permaisurinya.

“Kita mengirimkan lima mobil hias Kabupaten/Kota tapi bisa mendapatkan juara umum, daerah lain ada yang mengirim 11 sampai 12. Ini membuktikan bahwa Sumsel di ajang nasional bisa diperhitungkan dan juga bisa bersaing,” ucap Fatoni.

Sementara itu, Pj. Bupati Banyuasin Hani Syopiar Rustam mengatakan dengan adanya parade karnaval mobil hias dan pawai ini bisa mengenalkan Kabupaten Banyuasin, keseluruh Indonesia serta bisa meningkatkan UMKM agar lebih dikenal lagi di Indonesia, dengan partisipasi ini sehingga bisa meningkatkan produksi serta meningkatkan pendapatan kerajinan yang ada di Kabupaten Banyuasin.

“Tentunya saya mengucapkan selamat HUT Dekranas Ke-44 Tahun semoga dengan acara seperti ini bisa menjadi pengenalan budaya dan ciri khas dari Kabupaten Banyuasin banyak hasil alam baik dari pertanian nomor 4 Se-Indonesia, perkebunan kelapa sawit, dan penghasil karet”harapnya.

Tombol Google News

Tags:

Pemkab Banyuasin Banyuasin juara