Pimpin Upacara HUT Ke-78 RI, Bupati Jember Kenakan Busana Adat Minahasa

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Muhammad Faizin

17 Agustus 2023 07:50 17 Agt 2023 07:50

Thumbnail Pimpin Upacara HUT Ke-78 RI, Bupati Jember Kenakan Busana Adat Minahasa Watermark Ketik
Bupati Jember Hendy Siswanto bersama Ketua TP PKK Kasih Fajarini kompak mengenakan busana adat Minahasa saat upacara peringatan HUT RI Ke-78, Kamis (17/8/2023) (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Bupati Jember Hendy Siswanto menjadi inspektur upacara peringatan HUT ke-78 di Alun-alun Jember, Kamis (17/8/2023). Tampak Bupati Hendy tampil totalitas mengenakan busana adat Minahasa, Sulawesi Utara.

Upacara juga dihadiri oleh Wakil Bupati Jember Muhammad Balya Firjaun Barlaman yang mengenakan busana adat kombinasi Jawa Timur-Bali. Beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Jember dengan busana tradisional lainnya.

Hendy mengatakan, busana yang dikenakannya merupakan instruksi dari Presiden untuk menggunakan pakaian adat saat upacara HUT RI ke-78.

“Makna bahwa peringatan ini kita harus bersatu. Indonesia ada karena banyaknya adat dan suku, budaya harus kita pertahankan,” katanya.

Busana adat Minahasa asal Sulawesi Utara yang dikenakannya saat ini merupakan cerminan dari seorang pemimpin yang sedang menjaga daerahnya.

“Ini pakaian adat raja Minahasa menjaga daerahnya pada saat itu. Ada pedangnya, pedang-pedangan ya,” katanya sambil berkelakar.

Hendy memaknai peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ini untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur dalam perjuangan. “Kita harus terus ingat apa yang diperjuangkan. Sekarang tentunya dengan sikap dan kinerja kita memberikan pelayanan masyarakat,” imbuhnya.

Dirinya juga menghimbau, memasuki tahun politik ini seluruh masyarakat Jember harus saling menjaga kerukunan.

“Saling memaafkan dan mengingatkan. Hindari hoax, dahulukan tabayun jika ada sesuatu yang kurang berkenan, datangi dan diskusi,” tandasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

HUT RI ke 78 Bupati Jember Hendy Siswanto Minahasa Sulawesi Utara Upacara Jember ketikagustusan