Pesona Pantai Kalipat Nusa Kambangan Cilacap, Indah dan Masih Asri

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Mustopa

5 Mei 2024 01:24 5 Mei 2024 01:24

Thumbnail Pesona Pantai Kalipat Nusa Kambangan Cilacap, Indah dan Masih Asri Watermark Ketik
View Pantai Kalipat Nusa Kambangan Cilacap (Foto: dok. warga for ketik.co.id)

KETIK, CILACAP – Nusakambangan adalah sebuah pulau di Jawa Tengah yang lebih dikenal sebagai tempat beberapa Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) berkeamanan tinggi di Indonesia.

Siapa sangka di pulau tempat dihukumnya para napi kasus narkoba dan terorisme ini memiliki pantai indah dan masih asri bernama Pantai Kalipat. 

Pantai Kalipat adalah salah satu pantai yang berada di sebelah Selatan Pulau Nusakambangan, Desa Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Pantai Kalipat termasuk pinggiran garis yang mengelilingi Pulau Nusakambangan. Pantai ini belum dikelola sebagai objek wisata oleh Pemkab Cilacap. Sehingga belum ada papan petunjuk jalan menuju lokasi.

Pantainya lumayan luas dan pasirnya putih, karena akses yang memang cukup sulit, jadi Pantai Kalipat masih sangat sepi. Deretan pasir yang menghadap langsung ke Samudera Hindia, jadi salah satu pesonanya.

Untuk sampai ke pantai ini, harus terlebih dahulu sampai Pantai Karang Tengah. Setelah itu, pengunjung akan ditawari apakah akan menggunakan jasa pemandu untuk sampai ke Pantai Kalipat yang memiliki tempat lapang, angin segar dan deburan ombak. 

Kalipat merupakan singkatan dari kata kali empat, yang dalam bahasa Jawa kata ‘kali’ merupakan sungai, dan ’empat’ sendiri adalah maksud bahwa di pantai ini terjadi pertemuan antara 4 sungai, sehingga disingkat dengan Kalipat.

Salah satu wisatawan bernama Herdi mengatakan, bahwa Pantai Kalipat tidak terlalu jauh dari Pantai Karang Pandan, sehingga wisatawan dapat memulai perjalanan seperti pada saat melakukan perjalanan menuju Pantai Karang Pandan. 

"Yaitu dengan menyewa perahu dari Pantai Teluk Penyu menuju Pantai Karang Pandan. Sesampainya di sana kita bisa berjalan kaki menyusuri hutan untuk bisa sampai ke Pantai Kalipat ini," ucapnya dalam keterangan tertulis yang diterima Ketik.co.id, Minggu (05/05/2024).

Dikatakan Herdi, opsi jalan lainnya bisa dimulai dari Pantai Teluk Penyu, tetapi harus mengunjungi Dermaga Seloko Cilacap terlebih dahulu untuk memilih perahu dengan tujuan Pantai Kalipat. 

Jika memulai perjalanan dari Dermaga Seloko Cilacap, wisatawan akan menaiki perahu untuk menyeberang dengan estimasi waktu kira-kira sekitar 60 menit perjalanan.

"Untuk perahu di Dermaga Selo ini setiap hari tersedia, namun ada batasan jam operasional penyeberangan yaitu mulai dari pukul 07.00 hingga pukul 16.00 WIB," katanya.

Oleh karena itu ujar Herdi, meskipun Pantai Kalipat ini dibuka 24 jam non stop. Namun karena jam operasional penyeberangan hanya sampai pukul 4 sore, mau nggak mau wisatawan harus mengikuti peraturan tersebut untuk bisa kembali lagi ke Dermaga Seloko. 

"Sebaiknya datang ke dermaga ini pada pagi hari agar ketika berlibur di Pantai Kalipat terasa begitu puas. Tak ada tiket masuk ke pantai ini," tandasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pantai Kalipat Nusa Kambangan Cilacap Indah Asri