Pesona Az-Zahra Siti Pathonah, Mojang Pinilih Kota Cimahi 2022

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Marno

16 Oktober 2023 01:16 16 Okt 2023 01:16

Thumbnail Pesona Az-Zahra Siti Pathonah, Mojang Pinilih Kota Cimahi 2022 Watermark Ketik
Az-Zahra Siti Pathonah, Mojang Pinilih Kota Cimahi 2022 (Foto: dokumen pribadi/Wandi Ruswannur)

KETIK, CIMAHI – Az-Zahra Siti Pathonah, akrab dengan panggilan Zahra, mahasiswi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) pada program studi Sport Science kerap tampil cantik dalam setiap gelaran acara.

Sebagai Mojang Pinilih, ia mengatakan, Kota Cimahi ini merupakan kota kecil sejuta kenangan, karena memiliki luas daerah hanya 40,47 km2. Meskipun demikian, kota yang dijuluki sebagai Kota Hijau ini memiliki banyak kenangan untuk masyarakatnya. 

"Di Kota Cimahi terdapat banyak peninggalan bangunan bersejarah serta beberapa pusat pendidikan tentara, hal ini tentunya menjadi sumber kenangan bagi masyarakat. Dengan keunikan tersebut, Cimahi menyajikan Wisata Militer bagi siapa saja yang ingin berkunjung," kata Zahra kepada media online nasional Ketik.co.id melalui pesan singkat Whatsapp, Ahad (15/10/2023). 

Pemilik akun media sosial Instagram @azhrsp menyatakan, tidak hanya itu, keunikan yang hanya ada di Kota Cimahi lainnya adalah Kampung Adat Cireundeu. Di mana penduduknya masih menjaga kelestarian adat dan budaya, yaitu dengan tetap melaksanakan upacara adat dan kegiatan keagamaan. Serta tetap menjadikan singkong sebagai makanan pokok sehari-hari. 

"Masih banyak hal-hal unik dan menarik yang hanya ada di Cimahi. Namun rasanya jika hanya melalui tulisan tidak akan cukup. Yuk, diantos di Cimahi," ujar Zahra menerangkan dengan jelas dan gamblang sembari tersenyum manis.

Sebagai mojang yang hobinya traveling and do something new ini mengutip penuturan dari tokoh India Mahatma Gandhi, bahwa budaya suatu bangsa bersemayam di hati dan jiwa masyarakatnya.

"Maka dari itu, kita harus mulai memasyarakatkan budaya dan membudayakan masyarakat. Karena jika bukan sekarang, kapan lagi? Jika bukan kita, siapa lagi? untuk Cimahi Ngahiji, Cimahi Berbudaya," tandasnya dengan nada semangat.

Prestasi membanggakan yang dimiliki oleh Zahra yaitu:
1. Pembawa Baki Bendera Pusaka Paskibraka Kota Cimahi 2018.
2. Cimahi Futureleader 2021.
3. Mojang Pinilih Kota Cimahi 2022. (*)

Tombol Google News

Tags:

Cantik kampung budaya pesona Az-Zahra Siti Pathonah Mojang Pinilih Kota Cimahi 2022