Perwujudan Tridarma Perguruan Tinggi, Unesa Berikan Beasiswa Bagi Pelajar Indonesia di Arab Saudi

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

13 Maret 2024 22:10 13 Mar 2024 22:10

Thumbnail Perwujudan Tridarma Perguruan Tinggi, Unesa Berikan Beasiswa Bagi Pelajar Indonesia di Arab Saudi Watermark Ketik
Jajaran Pimpinan Unesa saat mengunjungi sekolah Indonesia di Arab Saudi. (Foto: Dok. Unesa)

KETIK, SURABAYA –  Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menjalin kerja sama dengan Sekolah Indonesia di Riyadh (SIR) dan Sekolah Indonesia di Jeddah (SIJ). Kerja sama tersebut mencakup pemberian beasiswa bagi mahasiswa Indonesia di kedua sekolah tersebut.

Rektor Unesa Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., mengatakan kerja sama antara Unesa dan sekolah Indonesia yang ada di Arab Saudi sudah terjalin sejak lama, terutama dalam aspek Tridarma Perguruan Tinggi. Mahasiswa Unesa banyak yang terlibat program MBKM di dua sekolah tersebut. 

"Kami kolaborasi untuk memberikan akses beasiswa kuliah di Unesa bagi pelajar Indonesia yang menuntut ilmu di kedua sekolah tersebut,” ucap Nurhasan, Rabu (13/3/2024).

Pria yang akrab disapa Cak Hasan tersebut menambahkan kerja sama tersebut merupakan bagian dari komitmen Unesa dalam memberikan akses pendidikan tinggi bagi putra-putri terbaik tanah air, termasuk anak-anak pekerja migran Indonesia untuk mengenyam pendidikan tinggi di Unesa secara gratis. 

"Semangat Unesa merupakan semangat kemanusiaan. Selain itu, kami berkomitmen bersama pemerintah untuk mempersiapkan SDM unggul menuju Indonesia Emas 2045," tambahnya.

Selain menjalin kerja sama untuk pemberian beasiswa, Unesa juga memperkuat kerja sama dengan KBRI Riyadh di bidang seni, budaya, dan olahraga. Pun, berkolaborasi dengan Universitas Islam Madinah untuk penelitian kolaborasi dan pertukaran dosen.

Tidak berhenti sampai di situ, Unesa menyiapkan program internasionalisasi untuk mengirimkan mahasiswa PLP dan magang di Arab Saudi. Serta menyiapkan dosen-dosen untuk melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi melalui program pengabdian masyarakat.

:Kami sudah koordinasi dan rapat dengan seluruh jajaran untuk mengalokasikan anggaran pada 10 kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Arab Saudi," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pendidikan Unesa Arab Saudi KBRI Riyadh beasiswa Sekolah Indonesia di Riyadh Sekolah Indonesia di Jeddah