Pertengahan November, Diskopindag Kota Malang Siapkan Operasi Pasar Murah di Tiap Kecamatan

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

3 November 2023 05:19 3 Nov 2023 05:19

Thumbnail Pertengahan November, Diskopindag Kota Malang Siapkan Operasi Pasar Murah di Tiap Kecamatan Watermark Ketik
Kepala Diskopindag Kota Malang, Eko Sri Yuliadi. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Beberapa harga kebutuhan pokok di Kota Malang mengalami kenaikan. Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang pun bertekad kembali menggencarkan Operasi Pasar Murah di pertengahan bulan November 2023.

Kepala Diskopindag Kota Malang, Eko Sri Yuliadi menjelaskan Operasi Pasar Murah mengasar lima kecamatan di Kota Malang. Pihaknya akan menggandeng Bulog untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses kebutuhan pokok.

"Kota sudah atur dengan Bulog untuk melakukan Operasi Pasar Murah. Tidak di pasar tapi kita akan terjun langsung ke masyarakat di setiap kecamatan," ujar Eko, Jumat (3/11/2023).

Operasi tersebut untuk mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok menjelang akhir tahun nanti. 

"Menjelang Desember ini semua harga kebutuhan pokok naik. Makanya kita lakukan operasi pasar murah. Ini yang terakhir sekitar di atas tanggal 20 November 2023," lanjut Eko.

Sebelumnya banyak pedagang dan masyarakat yang mengeluhkan kenaikan harga gula. Di Pasar Blimbing harga gula yang semula Rp 14.000 kini naik menjadi Rp 16.000 per kilogram.

Menurut Eko, kenaikan tersebut disebabkan berbagai faktor salah satunya permintaan naik, hingga masalah panen tebu.

"Penyebabnya bisa jadi karena permintaan naik tapi supply turun. Mungkin juga panen tebu mundur. Kota Malang tidak punya pabrik gula, adanya di Kebon Agung, salah satunya," ujarnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Operasi pasar murah Kota Malang Diskopindag Kota Malang harga kebutuhan pokok