Permasalahan Tiga Pasar di Kota Malang Ditargetkan Selesai September 2024

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Gumilang

7 Maret 2024 10:01 7 Mar 2024 10:01

Thumbnail Permasalahan Tiga Pasar di Kota Malang Ditargetkan Selesai September 2024 Watermark Ketik
Kondisi bagian samping dari Pasar Blimbing. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Penyelesaian permasalahan yang ada di tiga pasar Kota Malang kembali menjadi sorotan. Kali ini Pemkot Malang kembali menargetkan agar masalah tersebut dapat tuntas di sekitar bulan September 2024. 

Ketiga pasar tersebut yakni Pasar Besar, Pasar Gadang, dan Pasar Blimbing. Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat mengaku belum berhasil menemui pengembang dari Pasar Gadang. Ketiganya masih tersandung Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pemkot Malang dengan pihak ketiga atau pengembang. 

"Pasar Gadang saya juga sudah ketemu dengan pihak ketiganya. Blimbing juga sudah ketemu. Sekarang saya lihat perjanjiannya. Mereka keluhannya apa, kenapa kok tidak bisa. Akan menjadi catatan saya juga kenapa bisa begitu," ujar Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat, Kamis (7/3/2024). 

Ia sendiri telah menargetkan persoalan tersebut dapat tuntas sebelum masa jabatannya sebagai Pj Wali Kota Malang berakhir. Namun jika tak dapat terpenuhi, ia mengaku telah membangun pondasi yang berguna untuk mempermudah proses penyelesaian. 

Foto Kondisi bagian dalam Pasar Tawangmangu. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)Kondisi bagian dalam Pasar Tawangmangu. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

"Harapan saya, karena jabatan saya kan nanti sampai September 2024. Mudah-mudahan mengarah ke sana sebelum September selesai. Tapi kalau belum selesai, saya sudah membangun pondasi-pondasi yang bisa menyelesaikan. Jadi next tinggal ada solusi," terang Wahyu. 

Selain ketiga pasar tersebut, Wahyu juga menerima keluhan dari pedagang di Pasar Tawangmangu. Beberapa pedagang menginginkan agar dilakukan perbaikan di pasar tersebut. Pasalnya kondisi Pasar Tawangmangu tidak jauh berbeda dengan pasar-pasar tradisional di Kota Malang. Banyak atap mulai bocor, hingga kondisi pasar yang terlihat sangat kumuh. 

Menanggapi keluhan tersebut Wahyu akan meminta Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang untuk mengundang kepala pasar. Namun menurutnya kondisi di Pasar Tawangmangu masih lebih baik jika dibandingkan pasar lainnya, khususnya Pasar Blimbing.

"Nanti saya minta Pak Kadisperindag untuk mengundang kepala pasar. Nanti kira-kira apa yang menjadi keluhan pedagang Pasar Tawangmangu. Saya lihat dalam kondisinya masih lebih baik daripada pasar yang lain. Contoh Pasar Blimbing ini yang memang harus kita fokuskan," kata Wahyu. (*)

Tombol Google News

Tags:

Perbaikan Tiga Pasar di Kota Malang Tiga Pasar Kota Malang Pasar Besar Malang Pasar Blimbing Pasar Gadang Pasar Tawangmangu Kota Malang