Peringati Hari Pramuka, Pengurus Kwarda Jatim Tabur Bunga di Makam Sang Proklamator

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Moana

11 Agustus 2023 04:04 11 Agt 2023 04:04

Thumbnail Peringati Hari Pramuka, Pengurus Kwarda Jatim Tabur Bunga di Makam Sang Proklamator Watermark Ketik
Pengurus Kwarda Jatim saat ziarah dan melakukan doa bersama di makam Bung Karno, Kota Blitar, Jumat (11/8/2023).(Dok.Kwarda Jatim)

KETIK, BLITAR – Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur melaksanakan tabur bunga dan ziarah di Makam Bung Karno bersama Kwarcab Kota Blitar pada Jumat (11/8/2023). 

Lantunan tahlil mengalir. Menandai rasa hormat kepada pahlawan yang telah berpulang. Seluruh pengurus khidmat tenggelam dalam doa. 

Ziarah pahlawan ini bukan kali pertama. Pramuka Jatim rutin mengadakan sebagai agenda tahunan menjelang Hari Pramuka yang diperingati setiap 14 Agustus. 

Ketua Harian Kwarda Jatim, Prof Dr Suyatno, M.Pd. bertindak sebagai Ketua Tim Ziarah Kwarda Jatim. 

Kemudian juga ada AR. Purmadi, Bambang Suyanto, Adie Kurniawan, Kak Sugeng, Lilis, Masul, Yacob, Rochman, Elva, Pringgo, dan rombongan dari Dispora Jawa Timur.

Suyatno mengawali prosesi penghormatan kepada arwah para pahlawan bangsa yang telah gugur, khususnya Sang Proklamator Ir. H. Soekarno dan dilanjutkan doa bersama.

Kegiatan ziarah dan tabur bunga diikuti oleh Pengurus Kwarcab, Anggota Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pembina di Wilayah Kota Blitar. Total 120 orang.

Selain ziarah ke Makam Proklamator, rombongan juga ke makam Tokoh Gerakan Pramuka yang disemayamkan di sana.

Berbicara tentang kepahlawanan, Suyatno mengatakan bahwa setiap anggota Gerakan Pramuka harus meneladani sifat kepahlawanan bangsa Indonesia.

"Kita memaknai jiwa kepahlawanan proklamator sebagai pahlawan bangsa Indonesia ini diharapkan muncul nilai kepahlawanan yang terus dipelihara oleh generasi berikutnya," kata Yatno.

Yatno berharap melalui ziarah ini, tertanam sifat-sifat kepahlawanan bagi generasi selanjutnya.

"Kepahlawanan itu tidak sulit dilakukan dapat dengan cara memberikan pertolongan, memupuk jiwa kebangsaan dan persaudaraan, itulah jiwa Bung Karno yang perlu kita teladani," imbuhnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pramuka Jatim Kwarda Jatim Bung Karno proklamator Hari Pramuka