Peringati Hari Buruh Internasional, DPC Sarbumusi Situbondo Gelar Demo

Jurnalis: Heru Hartanto
Editor: Mustopa

1 Mei 2024 09:13 1 Mei 2024 09:13

Thumbnail Peringati Hari Buruh Internasional, DPC Sarbumusi Situbondo Gelar Demo Watermark Ketik
Taufik Kordinator aksi pegang mick saat orasi demo di depan kantor Dienakertrans Situbondo, Rabu (01/05/2024) (Foto : Heru Hartanto/ketik.co.id)

KETIK, SITUBONDO – Memperingati Hari Buruh Internasional, ratusan buruh yang tergabung dalam Dewan Pimpinan Cabang Serikat Buruh Muslim Indonesia (DPC Sarbumusi) Kabupaten Situbondo bersama gabungan serikat buruh lainnya, menggelar aksi demo damai, Rabu (01/05/2024).

Aksi demo yang berlangsung di depan Kantor Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Situbondo Jalan PB Sudirman Situbondo ini terlaksana dengan tertib.

Taufik koordinator aksi damai, dalam orasinya meminta kepada Bupati Situbondo yang telah menjanjikan jaminan sosial kepada buruh untuk segera direalisasikan, perusahaan untuk menaikan gaji buruh sesuai dengan Upah Maksimal Kabupaten Situbondo.

Selain itu, mereka menuntut THR buruh yang tidak sesuai dengan Surat Edaran Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo, meminta pemerintah pro akrif dalam mengatasi masalah perusahaan yang melanggar peraturan.

"Kami minta Pemkab Situbondo pro akrif dalam mengatasi permasalahan perusahaan yang melanggar peraturan. Sebab, di Kabupaten Situbondo ada perusahaan yang mengintimidasi karyawannya," beber Taufik.

Secara tegas, ia juga menolak upah murah, UMK rendah se-Jawa Timur dan sejahterakan buruh melalaui jaminan sosial. "Upah yang diberikan buruh di Kabupaten Situbondo sangat naif sekali dan ada perusahaan yang tidak menggaji karyawannya hingga 3 bulan," ungkap Taufik.

Taufik juga mengungkapkan bahwa, pemberian THR perusahan Situbondo banyak yang tidak sesuai. "Seharusnya, perusahaan memberikan THR gaji satu bulan kerja. Tapi, realitanya, para buruh di kasih THR hanya 50 hingga 100 ribu. Jika, tuntutan kami tidak mendapat respon, maka kami akan turun jalan kembali dengan jumlah massa lebih besar dari ini, " pungkas Taufik.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Situbondo Wawan Setiawan di hadapan massa Sarbumusi mengatakan, kewajiban pemerintah menjaga kondusifitas wilayah agar para pengusaha bisa menanamkan modalnya di Kabupaten Situbondo.

"Kita butuh investor bisa masuk ke daerah ini, maka kita harus menjaga keamanan kabupaten ini. Beberapa masukan yang disampaikan rekan rekan Sarbumusi, kami di pemerintah daerah tidak tutup telinga dan tutup mata, tapi kami telah berjuang apa yang menjadi aspirasi buruh-buruh di Kabupaten Situbondo," jelas Sekda Situbondo.

Terkait UMK rendah, THR dibayar tidak sesuai dengan ketentuan dan tuntutan lainnya, Pemkab Situbondo akan terus berjuang dan akan duduk bersama dengan pemilik perusahaan dan pihak-pihak terkait lainnya. (*) 

Tombol Google News

Tags:

peringati Hari Buruh Internasuonal Sarbunasi Situbondo Gelar Demo Situbondo Terkini