Perhatikan! Ini 6 Jenis Plastik dan Bahayanya bagi Kesehatan

Jurnalis: Mustopa
Editor: M. Rifat

21 Juli 2023 01:00 21 Jul 2023 01:00

Thumbnail Perhatikan! Ini 6 Jenis Plastik dan Bahayanya bagi Kesehatan Watermark Ketik
Ilustrasi plastik (Foto: uma.ac.id)

KETIK, JAKARTA – Plastik merupakan produk yang sulit dipisahkan dari sendi kehidupan manusia terutama untuk keperluan rumah tangga. Namun, tanpa disadari plastik bisa berdampak buruk terhadap kesehatan.

Yang paling menjadi ancaman adalah partikel-partikel plastik atau mikroplastik karena dapat dengan mudah masuk ke dalam makanan dan minuman.

Seperti dilansir Plasticcollectors, mikroplastik bisa memicu berbagai jenis penyakit ketika masuk ke dalam tubuh. Bahkan bisa menyebabkan penyakit kanker hingga gangguan autoimun kronis.

Berikut 6 jenis plastik dan bahayanya bagi kesehatan manusia.

Polietilen tereftalat

Plastik jenis Polietilen tereftalat atau PET sangat mudah ditemui. Biasanya digunakan sebagai botol minuman dan ditandai dengan simbol daur ulang yang di dalamnya ada angka 1.

PET sebenarnya masuk dalam kategori aman alias food grade karena tidak mengandung bisphenol A (BPA). Namun, plastik jenis ini bisa beracun ketika terkena panas.

High-density polyethylene

High-density polyethylene atau HDPE juga sering digunakan dalam kehidupan sehari-sehari. Plastik jenis HDPE biasanya dijadikan sebagai botol susu karena kuat dan tahan lama.

Plastik jenis sebenarnya tergolong aman dan dipakai di industri makanan dan minuman. Tapi HDPE disebut mengandung bahan kimia yang berbahaya terutama untuk anak dan remaja.

Polyvinyl chloride

Polyvinyl chloride atau PVC merupakan jenis plastik yang bahannya kaku. Plastik jenis ini biasanya digunakan sebagai pipa atau plastik kabel, dan juga mainan anak-anak.

Meski jarang digunakan untuk tempat makanan dan minuman, plastik jenis PVC perlu dihindari. Karena bisa mengganggu hormon manusia.

Low-density polyethylene

Low-density polyethylene atau LDPE banyak digunakan sebagai kantong sampah atau pembungkus roti. Biasanya plastik jenis ini juga sebagai lapisan cangkir minuman.

Sama seperti Polietilen tereftalat, plastik jenis ini sebenarnya juga aman karena bebas BPA. Tapi, LPDE mengandung bahan kimia estrogenik yang berbahaya.

Polypropylene

Selanjutnya adalah Polypropylene alias PP. Plastik ini bentuknya bening dan sering digunakan sebagai wadah makanan.

Dibanding plastik lainnya, plastik jenis PP dinilai sedikit lebih aman. Tapi tetap bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Polystyrene

Polistirena biasa disebut juga sebagai styrofoam. Biasanya jenis plastik ini digunakan untuk keperluan rumah tangga seperti sisir, gantungan baju dan lainnya.

Plastik jenis polistirena mengandung stirena yang berbahaya bagi kesehatan jika terkena panas. (*)

Tombol Google News

Tags:

jenis plastik mikroplastik kesehatan Bahaya