Perdana Gelar Pemilihan Duta Kampus, ITN Malang Gali Kreativitas dan Talenta Mahasiswa

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

18 Desember 2023 09:47 18 Des 2023 09:47

Thumbnail Perdana Gelar Pemilihan Duta Kampus, ITN Malang Gali Kreativitas dan Talenta Mahasiswa Watermark Ketik
Para finalis Duta Kampus ITN Malang. (Foto: Humas ITN Malang)

KETIK, MALANG – Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang secara perdana menggelar Pemilihan Duta Kampus sebagai representasi wajah mahasiswa yang kreatif dan bertalenta. Setelah berbagai seleksi dilakukan, tersaringlah 20 duta pada Grand Final yang dilaksanakan pada Senin (18/12/2023).

Ketua Pelaksana Duta Kampus ITN Malang 2023, Ida Soewarni menjelaskan dari kegiatan tersebut mahasiswa diminta untuk menumbuhkan kepercayaan dirinya.

"Untuk kegiatan pemilihan Duta Kampus ITN Malang tahun 2023 ini, kita memilih generasi muda yang penuh talenta. Kami menetapkan yang talented and creative, ini menumbuhkan suatu kepercayaan diri bagi generasi muda terutama di ITN Malang. Memang ini baru yang pertama kali di ITN Malang," ujar Wakil Dekan 3 Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) itu.

Ia berharap Duta Kampus terpilih tak hanya berhasil merepresentasikan kampus ITN Malang. Namun juga menjadi ajang pengembangan diri dan keterampilan sehingga mahasiswa dapat berprestasi dan mengaktualisasikan dirinya.

"Tujuannya selain mendukung kegiatan promosi almamater maupun kegiatan di ITN Malang, juga untuk mengembangkan diri dari potensi yang ada. Harapannya ini menadi ajang mahasiswa untuk mengaktualisasikan segala kemampuan," tuturnya.

Foto Rektor ITN Malang, Awan Uji Krismanto saat memberi sambutan pada Grand Final Duta Kampus. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)Rektor ITN Malang, Awan Uji Krismanto saat memberi sambutan pada Grand Final Duta Kampus. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

Menjadi Duta Kampus juga dituntut untuk dapat menyeimbangkan antara kegiatan akademik dan non akademik. Meskipun duta terpilih nantinya memiliki kesibukan tambahan, namun prestasi akademik juga perlu ditingkatkan.

"Salah satu kriteria untuk memilih duta kampus adalah dengan IPK, kemudian kesiapan untuk meluangkan waktu ketika terlibat dalam semua penyelenggaraan yang ada di ITN Malang," imbuhnya.

Sementara itu Rektor ITN Malang, Awan Uji Krismanto mengungkapkan bahwa pemiliha Duta Kampus diharapkan mampu menggali potensi mahasiswa yang selama ini tersembunyi. Apabila potensi tersebut dikembangkan dengan maksimal maka dapat menjadi kekuatan bagi ITN Malang untuk menorehkan prestasi.

"Dari sekitar 3.900 mahasiswa, kemudian yang mendaftar Duta Kampus sebanyak 38 mahasiswa, dan diambil menjadi 20 finalis ini kita akan melihat ternyata mereka punya potensi yang luar biasa. Mereka punya kelebihan yang luar biasa dan kalau bisa dikembangkan dengan optimal, maka menjadi kekuatan dan kebanggaan bagi ITN Malang," serunya.

Ia berharap kegiatan tersebut dapat rutin digelar setiap tahunnya untuk regenerasi talenta muda. Terlebih para duta juga diberikan pembekalan softskill salah satunya kemampuan untuk berkomunikasi.

"Saya melihat mahasiswa ITN Malang mempunyai jiwa muda, bertalenta, dan kreatif. Maka ini harus kita eksplor dan saya yakin para finalis mampu mengenalkan ITN Malang lebih baik. Kita akan bekali mereka softskill untuk berkomunikasi, dan lainnya," tuturnya.

Dalam Grand Final pemilihan Duta Kampus ITN Malang, terpilihkan beberapa juara, di antaranya:

Juara 1 Duta Kampus ITN Malang 2023:
Putra: Sahi Rafael Damardhi, Prodi Teknik Elektro
Putri: Balqis Bintang Paramita, Prodi Bisnis Digital

Runner up 1:
Putra: Ray Bara, Prodi Teknik Sipil
Putri: Refi Marinda, Prodi Teknik Geodesi

Runner up 2:
Putra: Yusran Bin Acho, Prodi Bisnis Digital
Putri: Meisyah Putri, Prodi Bisnis Digital

Favorit:
Putra: Hiero Prakasya Rahman, Prodi Teknik Sipil
Putri: Resa Natasya, Prodi Arsitektur

Niai terbaik saat pembekalan:
1. Ray Bara, Prodi Teknik Sipil
2. Balqis Bintang Paramita, Prodi Bisnis Digital.(*)

Tombol Google News

Tags:

Duta Kampus ITN Malang ITN Malang Pemilihan Duta Kampus Pemuda Kreatif dan Bertalenta Institut Teknologi Nasional Malang