Perahu Tenggelam di Perairan Panarukan, Belasan Nelayan Diselamatkan Polairud Polres Situbondo

Jurnalis: Adinda Octaviani
Editor: Gumilang

5 September 2024 11:00 5 Sep 2024 11:00

Thumbnail Perahu Tenggelam di Perairan Panarukan, Belasan Nelayan Diselamatkan Polairud Polres Situbondo Watermark Ketik
Suasana evakuasi ABK di Pesisir Panarukan oleh petugas gabungan, Rabu (04/09/2024) (Foto : Adinda Octaviani/ketik.co.id)

KETIK, SITUBONDO – Polairud Polres Situbondo membantu belasan Awak Buah Kapal (ABK) kapal nelayan yang tenggelam saat melaut di perairan Panarukan. Perahu nelayan tenggelam akibat mengalami kebocoran.

Belasan ABK kapal nelayan tersebut berhasil diselamatkan, saat ada kapal nelayan lainnya yang akan menuju pulang ke Pesisir Panarukan, Kamis, 5 September 2024.

Keterangan yang disampaikan Kapolres Situbondo AKBP Rezi Dharmawan, SIK, MIK melalui Kasatpolairud AKP Gede Sukarmadiyasa, SH, MH mengatakan personil Satpolairud menerima laporan dari masyarakat bahwa ada kapal nelayan mengalami kebocoran dan tenggelam di perairan Panarukan.

Kapal berisi belasan ABK tersebut berhasil selamat setelah ditolong oleh kapal gardan Srikandi yang juga melaut di perairan Panarukan.

“Nahkoda beserta belasan ABK kemudian dievakuasi ke pesisir pantai Panarukan Situbondo untuk mendapat pertolongan,” jelas AKP Gede Sukarmadiyasa, Kasatpolairud Polres Situbondo.

Lebih lanjut, AKP Gede mengatakan, personil Satpolairud bersama anggota Pos TNI AL Panarukan serta instansi terkait melakukan evakuasi belasan ABK kapal yang tenggelam tersebut dari kapal Gardan yang menolong dan mendata serta mengantarkan untuk dijemput keluarganya.

“Berdasarkan keterangan saksi mengungkapkan bahwa kapal Slerek dengan nama lambung Laksana 01 yang di nahkodai oleh Pak Net (50) bersama belasan ABK berangkat dari pesisir pantai Panarukan pada Rabu malam sekitar pukul 21.00 WIB. Setelah berlayar sekitar 5 mil, lambung kapal mengalami kebocoran di bagian depan samping kanan bawah sehingga air laut masuk dan kapal tenggelam,” beber AKP Gede.

Saat peristiwa tersebut terjadi, sambung AKP Gede, para ABK bertahan dengan memegang jiregen dan box ikan maupun alat bantu lainnya untuk dapat mengapung.

“Beruntung beberapa saat kemudian ada Kapal Gardan dengan nama lambung Srikandi yang dinahkodai Surais (55) melintas akan pulang ke Pesisir Panarukan, sehingga para ABK yang mengapung tersebut bisa diselamatkan,” kata Perwira Pertama atau Pama kepolisian dengan tiga strip balok di pundaknya tersebut .

Selanjutnya, agar Peristiwa itu tidak terulang, Kasatpolairud AKP Gede Sukarmadiyasa mengimbau kepada para nelayan agar melakukan ramchek secara rutin terhadap kapal atau perahu sebelum digunakan untuk melaut.

“Saya imbau kepada para nelayan ketika akan melaut harus membawa Life Jaket. Hal ini penting sebagai sarana pertolongan pertama apabila terjadi kecelakaan laut,” pesannya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Satpolairud Polres Situbondo bantu Evakuasi ABK Kapal Nelayan Tengelam Kasatpolairud AKP Gede Sukarmadiyasa