Penting! Tips Memilih Pakaian Saat Interview Kerja Agar Terlihat Profesional

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: M. Rifat

25 Oktober 2023 01:04 25 Okt 2023 01:04

Thumbnail Penting! Tips Memilih Pakaian Saat Interview Kerja Agar Terlihat Profesional Watermark Ketik
Ilustrasi interview kerja dengan pakai formal dan terlihat profesional. (Foto: Freepik)

KETIK, MALANG – Tentunya kabar baik saat mendapatkan oatnggilan interview dari perusahaan yang sudah kalian idam-idamkan. Momen interview ini menjadi sesi paling mendebarkan sekaligus menentukan nasib kalian ke depannya.

Supaya lolos interview, bukan hanya ditentukan dari cara kalian menjawab pertanyaan saja. Mulai dari tingkah laku, hingga cara berpakaian juga menjadi hal yang dipertimbangkan.

Kalian harus jeli memilih pakaian untuk memberikan kesan profesional dan percaya diri. Berikut adalah tips memilih pakaian suoaya kalian tidak salah kostum!

1. Gunakan Kemeja

Kemeja menjadi pilihan aman untuk digunakan saat interview kerja. Kemeja yang rapi dan tidak kusut, memberikan kesan formal pada kalian. Jangan pernah sekalipun menggunakan baju kaos untuk interview kerja, kecuali jika itu arahan langsung dari tempat kalian melamar kerja. Kalian juga harus memastikan bahwa kemeja yang digunakan tidak bau apek dan tetap segar.

2. Padu Padankan dengan Jas atau Blazer

Menggunakan jas atau blazer akan membuat kalian lebih terlihat profesional. Pilihlah warna yang sesuai dengan kemeja kalian. Pastikan kemeja atau blazer tersebut tidak menggunakan motif yang mencolok. Jangan mencoba untuk melipat lengan jas atau blazer kalian.

3. Hindari Menggunakan Bawahan Jeans

Hindari menggunakan celana atau rok berbahan jeans saat melakukan interview kerja. Meskipun menurut kalian lebih nyaman, justru dapat membahayakan peluang karier kalian ke depannya. Sebaiknya gunakan celana atau rok panjang berbahan kain. Pastikan bawahan kalian tidak terlalu ketat maupun terlalu longgar. 

4. Pilih Warna Netral

Pilihan warna yang terlalu mencolok akan meredupkan sisi profesionalitas dalam diri kalian. Sebaiknya gunakan pakaian dengan warna-warna netral seperti putih, hitam, abu-abu, biru, maupun nuansa coklat. Hindari warna yang dapat mencolok mata serta motif heboh seperti polkadot maupun abstrak. Lebih baik gunakan pakaian polos tak bermotif.

5. Perhatikan Sepatu

Setelah dipastikan tampilan kalian dari atas ke bawah sudah rapi, jangan sampai lupa memperhatikan sepatu kalian. Gunakanlah sepatu formal berwarna hitam seperti pantofel. Pastikan sepatu kalian tidak berdebu. Hindari menggunakan sepatu olahraga, sneaker, maupun menggunakan sandal. Tetaplah tampil percaya diri dan profesional saat melakukan interview kerja.(*)

Tombol Google News

Tags:

Interview Kerja Tips Interview Kerja Pakaian Interview Outfit Interview Lolos Interview