Pengembangan Usaha, PNM akan Bangun 5 Kantor Unit di Maluku 

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: M. Rifat

23 Februari 2023 10:11 23 Feb 2023 10:11

Thumbnail Pengembangan Usaha, PNM akan Bangun 5 Kantor Unit di Maluku  Watermark Ketik
PT Permodalan Nasional Madani (PNM). (Foto: Dok. Ketik.co.id)

KETIK, AMBON – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Ambon akan menambah lima kantor unit di Maluku dalam rangka pengembangan usaha di wilayah ini.

"Kami akan membangun lima kantor unit PNM yang baru, dengan demikian maka akan ada 18 kantor unit PNM di Maluku,  empat Kantor Unit diantaranya merupakan kantor unit mikro," kata Pimpinan PT PNM Cabang Ambon Ridul Akbar di Ambon, Rabu.

Ia menyebutkan, jumlah nasabah sejak dibukanya PNM di daerah ini sejak lima tahun lalu sampai sekarang sudah mencapai 42.000 nasabah. Itu tersebar pada 13 kantor unit dan Kantor Cabang yang terletak di Kota Ambon.

"Jadi 13 Kantor unit yang sudah ada itu tersebar di Kota Ambon, Pulau Buru, dan Pulau Seram, sedangkan lima kantor yang rencananya akan dibangun itu di Kabupaten Maluku Tenggara," ujarnya.

Kehadiran PT PNM di Maluku cukup mendapat perhatian dari masyarakat, terutama para ibu-ibu yang berjualan, kemudian para kelompok usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) guna mendapatkan modal guna pengembangan usaha mereka.

Karena itu, pada 2023 ini pengembangannya akan mengarah ke Maluku Tenggara, dengan demikian tidak menutup kemungkinan target kita akan menjangkau seluruh wilayah kabupaten dan kota di Maluku," ujarnya.

"Begitu juga dengan setelah holding ultra mikro yang dilakukan pada Desember 2021 cukup menggembirakan, apalagi saat ini kita sudah bergabung dengan BRI sehingga nasabah-nasabah diberikan dukungan ," ujarnya.

Ridul menambahkan, PT Permodalan Nasional Madani (PNM) juga membuka klasterisasi warung Mekaar melalui program pengembangan kapasitas usaha (PKU) untuk para nasabah di daerah ini.

"Melalui program PKU, PNM berkolaborasi dengan PTMitra Dagang Madani guna mendorong sekaligus mendukung 55 pengusaha wanita ultra mikro yang terdapat di Kecamatan Baguala dan Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon," katanya dilansir dari Antara Maluku.

Sebagai informasi, hingga 31 Januari 2023 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 208,35 T kepada Nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 14.128.133 juta Nasabah. Saat ini PNM memiliki 3.551 kantor layanan PNM Mekaar dan 705 kantor layanan PNM ULaMM di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 34 Provinsi, 513 Kabupaten/Kota, dan 6.657 Kecamatan. (*)

Tombol Google News

Tags:

PNM kantor unit UMKM Maluku