Pengecekan Kesehatan Hewan Kurban di Kota Batu akan Libatkan Perguruan Tinggi

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

14 Mei 2024 05:03 14 Mei 2024 05:03

Thumbnail Pengecekan Kesehatan Hewan Kurban di Kota Batu akan Libatkan Perguruan Tinggi Watermark Ketik
Peternakan kambing kurban yang ada di Kota Batu. (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu akan melakukan pengecekan kesehatan hewan ternak menjelang Idul Adha atau hari raya kurban. Hal itu untuk untuk mengantisipasi penyakit pada hewan kurban.  

Kepala Bidang Peternakan dan Perikanan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu, Sri Nurcahyani Rahayu mengatakan pengecekan kesehatan tersebut akan melibatkan perguruan tinggi.

Pemeriksaan akan dilakukan dua minggu sebelum hari raya Idul Adha ke 10 pedagang hewan ternak di Kota Batu.

"Kami bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya dan Fakultas Peternakan UWK Surabaya," ujarnya, Selasa (14/5/2024).

Menurut Sri Nurcahyani, hewan kurban biasanya dibawa menggunakan mobil atau truk dan dipindahkan ke tempat sementara. Bahkan, menjelang hari raya kurban, banyak pedagang menjual hewan dari luar daerah.

Oleh karena itu, menurutnya, hewan ternak bisa saja berpenyakit ringan karena kondisi lingkungan.  

"Biasanya kalau kita temukan hewan sakit, kita suruh sisihkan dulu. Misalnya sakit ringan demam kita kasih penurun panas dan vitamin. Sedangkan kalau parah tidak boleh dijual," jelasnya.

Sri Nurcahyani menguraikan, pedagang hewan ternak di Kota Batu cukup kooperatif. Mereka sudah mengerti apa yang harus dilakukan pada hewan ternak yang sakit dan tidak menjual ternak yang sakit parah. 

Meskipun demikian, ditegaskannya, Protokol kesehatan untuk membatasi jalur perdagangan hewan tetap diterapkan. Walaupun penyakit mulut dan kuku (PMK) penyakit Lumpy Skin Disease (LSD) sudah tidak ditemukan di Kota Batu.

"Sudah zero kasus di Kota Batu untuk LSD dan PMK. Untuk vaksinasi sudah 100 persen, jadi kerentanannya sudah rendah. Tapi untuk kewaspadaan, tetap ada protokol yang dilaksanakan," tegasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Idul adha hari raya kurban Hewan kurban Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu