Pemprov Sumut Terima Audiensi InJourney Bahas Pelaksanaan F1H20

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

16 Februari 2024 12:46 16 Feb 2024 12:46

Thumbnail Pemprov Sumut Terima Audiensi InJourney Bahas Pelaksanaan F1H20 Watermark Ketik
Pelaksanaan audiensi antara Pemprov Sumut dengan PT Aviasi Pariwisata Indonesia (InJourney). (Foto: Pemprov Sumut)

KETIK, MEDAN – Menjelang pelaksanaan event F1 Powerboat (F1H20) kedua yang akan diselenggarakan 2-3 Maret 2024 di Balige, Kabupaten Toba, PT Aviasi Pariwisata Indonesia atau InJourney melakukan audiensi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) di Kantor Gubernur Sumut, Lantai 10, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Jumat (16/2/2024).

Pada pertemuan tersebut, Penjabat (Pj) Gubernur Sumut Hassanudin menyampaikan, pihaknya mendukung penuh pelaksanaan event olahraga internasional tersebut. Kegiatan ini akan berdampak baik pada pengembangan daerah dan industri pariwisata.

"Saya berharap untuk kegiatan selanjutnya lebih baik dari yang kemarin. Saya yakin setiap penyelenggaraan pasti ada evaluasi mana yang harus diperbaiki," kata Hassanudin.

Hasanudin menyebut harus ada kerjasama antar pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Sumut yang terlibat pada event tersebut.

Seperti dari Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan, Dinas Perhubungan, Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Kesehatan, dan Dinas Koperasi dan UMKM.

"Hal-hal yang terkait persiapan penyelenggaraan harus diperhatikan seperti rekayasa lalu lintas, persoalan lingkungan, tenaga medis, mobil ambulance," tambahnya.

Sementara itu, Deputi Project Director PT InJourney Ricky Wirjan menuturkan penyelenggaraan kedua event F1H2O akan memberikan dampak positif terhadap perekonomian Provinsi Sumut terutama sektor pariwisata khususnya di Danau Toba. Secara total perkiraan dampak ekonomi  mencapai Rp391 miliar.

"Tercatat ada 25 ribu pengunjung dengan pengeluaran rata-rata Rp3,9 juta. Begitu pula untuk pariwisata di sejumlah kawasan penyelenggaraan event tersebut. Wisatawan kembali lagi berkunjung ke Danau Toba," pungkasnya.

Untuk diketahui, F1H2O adalah sebuah kejuaraan dunia yang menjadi seri utama dan unggulan dalam perlombaan balap khusus kendaraan perahu motor berpengemudi tunggal. tahun ini akan diikuti 18 pembalap dari 10 negara yang akan berkompetisi selama satu musim, untuk mendapatkan gelar juara dunia.(*)

Tombol Google News

Tags:

F1H20 Olahraga Pemprov Sumut InJourney pembalap Danau Toba