Pemprov Jatim Berhasil Boyong Juara Terbanyak di Ajang APPI

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

20 Juli 2023 12:02 20 Jul 2023 12:02

Thumbnail Pemprov Jatim Berhasil Boyong Juara Terbanyak di Ajang APPI Watermark Ketik
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, Hudiyono. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kembali memberikan penghargaan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur. 

Kali ini atas prestasinya di lomba video kreatif Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI), Kategori Provinsi pada ajang Apresiasi Pemasaran Pariwisata Indonesia (APPI) 2023. Penghargaan ini diterima langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Jawa Timur, Hudiyono.

Ditemui secara langsung Hudiyono menjelaskan penghargaan ini diterima karena program Pemprov Jatim yang cukup masif dalam mempromosikan berbagai potensi pariwisatanya. Pemasaran Pariwisata yang cukup masif ini dilakukan untuk mengejar target nasional sebanyak 1,2-1,4 miliar mobilitas wisatawan di tahun 2023 ini.

"Dari kementerian itukan selalu memantau aktivitas pemasaran daerah. Jawa Timur sendiri memiliki target 238 juta mobilitas wisatawan tahun ini. Oleh sebab itu dari beberapa provinsi, Jawa Timur mendapatkan penghargaan terbanyak," jelasnya.

Penghargaan yang diterima Jawa Timur antara lain Juara 1 tema destinasi wisata; Juara 1 kategori tema event daerah; dan juara 3 kategori tema kuliner. Penghargaan ini didapat salah satunya karena Jawa Timur memiliki total 256 kegiatan pariwisata yang 10 diantaranya sudah diakui dengan mendapat berbagai penghargaan.

"Jadi memang Jawa Timur ini berhasil mendapatkan penghargaan terbanyak di lomba video kreatif Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI). Dan ini menjadi upaya Pemprov agar bisa mencapai target," pungkasnya.

Sebagai Informasi, APPI 2023 merupakan program yang dilaksanakan oleh Kemenparekraf RI dalam rangka pemenuhan target pergerakan wisatawan nusantara sebanyak 1,2 - 1,4 Miliar perjalananan pada tahun 2023.

Dalam program lomba yang berlangsung pada Maret-Juni 2023 ini, pemerintah daerah se-Indonesia disyaratkan mengirimkan video berdurasi 1 menit yang mempromosikan destinasi wisata juga ekonomi kreatif masing-masing daerah.(*)

Tombol Google News

Tags:

pariwisata Disbudpar Jatim Hudiyono APPI BBWI Kemenparekraf Pemprov Jatim Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa Ekonomi kreatif Promosi wisata