Pemkot Madiun Jajaki Kerja Sama dengan Korsel

Jurnalis: Eko Suprayitno
Editor: Marno

9 Mei 2023 12:13 9 Mei 2023 12:13

Thumbnail Pemkot Madiun Jajaki Kerja Sama dengan Korsel Watermark Ketik
Wali Kota Maidi bersama Mr. Hyung Kim Jed dari Sejong Foundation saat FGD di Bumi Surabaya City Resort, Senin, (8/5/2023) malam/ Humas Pemkot Madiun

KETIK, MADIUN – Daftar negara yang menjalin kerja sama dengan Pemkot Madiun semakin panjang. Kini Pemkot Madiun menjajaki kerja sama dengan Korea Selatan (Korsel) pasca terselenggaranya Forum Group Discussion (FGD) di Bumi Surabaya City Resort, Senin, (8/5/2023) malam.

Kerja sama dengan Sejong Foundation asal Korea Selatan ini diokuskan pada penguatan dunia pendidikan dan pariwisata.

Foto FGD di Bumi Surabaya City Resort, Senin, (8/5/2023) malam antara Pemkot Madiun, Bupati Sumenep dan Kepala Dinas Pendidikan se-Jatim/ Humas Pemkot MadiunFGD diikuti Pemkot Madiun, Bupati Sumenep dan Kepala Dinas Pendidikan se-Jatim di Hotel Bumi City Resort, Senin (8/5/2023) malam. (Foto: Humas Pemkot Madiun)

Hal itu diungkap Wali Kota Maidi usai mengikuti FGD bersama sejumlah kepala dinas di lingkup Pemkot Madiun, dan Bupati Sumenep dan Kepala Dinas Pendidikan se-Jatim.

‘’Terima kasih malam hari ini kita bertemu untuk bekerja sama dengan Korea Selatan menindaklanjuti smart city untuk perkembangan kota,’’ kata Wali kota Maidi

Mantan sekda Kota Madiun ini mengatakan Pemkot Madiun terus berinovasi dalam membangun dunia pendidikan. Hal itu dilakukan untuk menyongsong generasi emas 2045 mendatang.

‘’Yang sudah berjalan baik akan kita kembangkan lagi, potensi-potensi yang ada di kota kita akan kita kembangkan dengan Korea Selatan. Termasuk pendidikan dan pariwisata ya. Alhamdulillah malam ini semua akan terealisasi,’’ jelasnya.

Sebelum mengikuti FGD tersebut, Wali Kota Maidi bersama sejumlah kepala daerah lainnya pernah melakukan kunjungan kerja ke Korea Selatan pada akhir 2022.

Saat kunjungan kerja di Negeri Gingseng ini, wali kota mengunjungi sejumlah daerah untuk studi banding Implementasi Kota Cerdas. Acara tersebut  diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Sebelum menjajaki kerja sama dengan Korea Selatan, Wali Kota Madiun menjalin kerja sama dengan Ceko dan Rumania. Dalam waktu dekat, salah satu Universitas di Malaysia akan mengunjungi Kota Madiun untuk kerja sama.

‘’Sekitar Juni nanti dijadwalkan ada kunjungan dari negara Kenya terkait dengan penanganan kesehatan,’’ ungkapnya

‘’Untuk menjadikan kota ini semakin maju, kita harus mulai menjajaki kerja sama dengan negara lain. Khususnya negara-negara yang sudah lebih maju. Ini kita sedang terus mengupayakan itu,’’ paparnya.

Ketua Yayasan Pawiyatan Suluh Nagari, Suko Widodo menyebut dari FGD tersebut mengemuka kerja sama terkait beasiswa pendidikan, pertukaran pelajar, hingga pengenalan produk-produk unggulan Kota Madiun. Selain itu, mengemuka kerja sama di bidang pariwisata.

‘’Dari Sejong Foundation dan kami di Yayasan Pawiyatan Suluh Nagari siap untuk memfasilitasi berbagai kerja sama khususnya di bidang pendidikan,’’ ujarnya.

Selain Wali Kota Maidi, FGD ini diikuti Bupati Sumenep dan Kepala Dinas Pendidikan se-Jawa Timur serta stakeholder terkait. Dalam FGD tersebut hadir pula Mr. Hyung Kim Jed dari Sejong Foundation tersebut. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kerja sama Bilateral Korea Selatan Pemkot Madiun Wali Kota Madiun Wali Kota Maidi Generasi emas 2045 Produk Unggulan Kota Madiun