Pemkab Jember Launching E-Parkir untuk Kendaraan Plat Luar Daerah

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Muhammad Faizin

18 September 2023 10:31 18 Sep 2023 10:31

Thumbnail Pemkab Jember Launching E-Parkir untuk Kendaraan Plat Luar Daerah Watermark Ketik
Bupati Jember Hendy Siswanto mencoba sistem E-Parkir dengan scan barcode yang dibawa petugas parkir Jember, (18/9/2023) (Foto: Diskominfo Jember)

KETIK, JEMBER – Bersamaan dengan peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas), Pemkab Jember resmikan E-Parkir untuk plat kendaraan luar Jember pada Senin (18/9/2023) di Alun-alun Jember.

Pemberlakuan pembayaran parkir elektronik ini merupakan strategi Pemkab Jember untuk meningkatkan penghasilan Pendapat Asli Daerah (PAD) Kabupaten Jember dalam sektor perhubungan. “Target kami untuk PAD tahun depan cukup tinggi ya,” kata Bupati Jember Hendy Siswanto.

Program E-Parkir ini bekerjasama dengan Bank Jatim untuk sistem pembayaran parkir cashless atau non tunai. 

“Nanti di-tap aja barcodenya. Kalau plat nomor P Jember nggak usah bayar, gratis. Tapi kalau di luar Jember akan dikenakan parkir,” imbuhnya. Penerapan ini juga untuk mengurangi pungutan parkir liar.

Nantinya, sistem parkir elektronik ini akan diberlakukan di pusat-pusat keramaian seperti Alun-alun Jember bahkan pusat perbelanjaan.

Sebab itu, Hendy melanjutkan, para warga Jember yang masih memiliki kendaraan yang belum berplat P, disarankan untuk segera diganti. “Teman-teman Jember platnya masih diluar Jember, itu segera diurus. Wong mudah kok,” katanya.

Selanjutnya, pihak Pemkab secara bertahap akan menata lokasi untuk mengatasi parkir liar atau parkir sembarangan. 

“Secara bertahap kita mulai dengan sistem cashless dulu. Baru setelah itu kita memperbaiki sistem transportasi di Jember. Untuk lahan mana yang bisa parkir akan segera kita lakukan penataan,” pungkas Hendy.(*)

Tombol Google News

Tags:

e-Parkir Jember Parkir gratis Plat P PAD Harhubnas Dishub Jember Hendy Siswanto