Pemkab Bandung Siap Pecahkan Rekor Pembuatan Sejuta Lubang Biopori

Jurnalis: Sungkara Anwar
Editor: Akhmad Sugriwa

9 Oktober 2023 12:52 9 Okt 2023 12:52

Thumbnail Pemkab Bandung Siap Pecahkan Rekor Pembuatan Sejuta Lubang Biopori Watermark Ketik
Bupati Bandung Dadang Supriatna sedang membuat lubang biopori di rumah dinas. (Foto: Iwa/Ketik.co.id)

KETIK, BANDUNG – Pemkab Bandung melalui Dinas Lingkungan Hidup berencana akan memecahkan rekor dalam pembuatan Lubang Cerdas Organik (LCO) atau Lubang Resapan Biopori (LRB).

Sebanyak satu juta LCO akan dibuat dalam gerakan Bulan Gebyar Pembuatan LCO secara serentak se-Kabupaten Bandung dalam waktu dekat. Sekitar satu jut orang dari kalangan masyarakat, PNS dan karyawan swasta menjadi peserta dalam kegiatan tersebut nantinya.

"Kita akan bikin nantu satu juta LCO untuk memecahkan rekor," kata Bupati Bandung Dadang Supriata di sela kegiatan Rembug Bedas di Desa Cileunyi Kulon, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Senin (9/10/2023).

Kepala DLH Kabupaten Bandung, Asep Kusumah menambahkan, saat ini pihaknya tengah mengajukan ke Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk even pemecahan rekor pembuatan LCO.

"Kami sudah berkirim surat ke MURI dan sedang mempersiapkan administrasinya," ujar Asep.

Sebelumnya, Bupati Bandung Dadang Supriatna secara simbolis telah mencanangkan Gerakan Bulan Gebyar Pembuatan Lubang Cerdas Organik (LCO) secara serentak, di Rumah Dinas Bupati Bandung, Soreang, Jumat (29/9/2023).

Gerakan ini sesuai dengan Surat Edaran Bupati Bandung Nomor: 600.4.15./006/2778/DLH tentang Bulan Gebyar Pembuatan Lubang Cerdas Organik/Lubang Resapan Biopori Untuk Penanganan Sampah Organik dan Konservasi Sumberdaya Air

Bupati Bandung mengatakan, dalam garakan ini dari satu orang ASN harus membuat dua LCO atau Lubang Resapan Biopori (LRB), baik dilaksanakan di rumahnya maupun di perkantorannya masing-masing.

Kedua lubang LCO ini diharapkan bisa mengatasi persoalan sampah domestik rumah tangga, terutama untuk sampah organik. 

Menurut Bupati Dadang Supriatna, setiap dua lubang LCO/LRB tersebut untuk menampung sampah organik dapat menjadi salah satu solusi yang sangat luar biasa dan bisa mengurangi pembuangan sampah ke TPA (Tempat Pembuangan Sampah Akhir).(*)
 

Tombol Google News

Tags:

lco lubang cerdas organik lrb lubang resapan biopori Biopori BUPATI BANDUNG DADANG SUPRIATNA PEMKAB BANDUNG