Pemberdayaan Perempuan Jember Melalui Pelatihan Wirausaha Kreatif

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Moch Khaesar

7 Maret 2023 10:59 7 Mar 2023 10:59

Thumbnail Pemberdayaan Perempuan Jember Melalui Pelatihan Wirausaha Kreatif Watermark Ketik
Praktik pembuatan eco enzim dan sabun (Foto: Fenna/ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (P3AKB) Jember mengadakan Pelatihan Perempuan Berdaya Menuju Keluarga Berkualitas. Pelatihan ini digelar dalam memperingati hari perempuan Internasional setiap tanggal 8 Maret.

Acara pelatihan yang diadakan di Aula Dinas P3AKB yang diikuti oleh puluhan ibu-ibu rumah tangga dari berbagai organisasi. 

“Pesertanya dari ibu-ibu PKK, Dharma, Bapenca, disabilitas, gereja dan berbagai kalangan yang mau bergabung dalam pelatihan ini,” Pengelola Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Ani Mujati, Selasa (7/3/2023).

Pelatihan pembuatan eco enzim dan sabun eco enzim beraroma dengan memanfaatkan bahan-bahan organik hingga limbah rumah tangga. Eco enzim merupakan hasil fermentasi bahan organik dengan tetes tebu yang dapat digunakan sebagai pembersih badan maupun rumah tangga.

“Salah satunya untuk antisipasi dampak lingkungan. Karena sampah kalau dibiarkan tidak berguna, tapi kalau diproses menjadi eco enzim akan banyak manfaatnya,” papar Ani Mujati.

Foto Pemaparan materi pelatihan pemberdayaan perempuan tentang pembuatan membuat eco enzim (Foto: Fenna/ketik.co.id)Pemaparan materi pelatihan pemberdayaan perempuan tentang pembuatan membuat eco enzim (Foto: Fenna/ketik.co.id)

Ani Mujati menjelaskan tujuan dari dilakukannya pelatihan ini untuk membentuk keluarga berkualitas dengan cara mengefisiensi perekonomian serta membangun kesejahteraan keluarga. “Jika bisa memproses lebih banyak akan menguntungkan dan menambah pendapatan keluarga,” terangnya.

Ia juga membeberkan tiga bulan mendatang akan dilakukan tindak lanjut dengan pembuatan eco enzim yang sedang difermentasi.

Dinas P3AKB akan melakukan dukungan ekonomi kreatif yang bisa menampung hasil produksi ibu-ibu dari eco enzim untuk dapat dipasarkan di beberapa perusahaan Jember.

Sementara itu, salah satu peserta mengharapkan kegiatan pelatihan ini dapat berdampak baik dalam kegiatan berumah tangga. “Selain sebagai ibu rumah tangga, mereka juga bisa menghasilkan produk kreatif yang menunjang ekonomi kreatif di Jember,” tutur Linda, mahasiswi magang di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud).(*)

Tombol Google News

Tags:

Pemberdayaan perempuan Dinas P3AKB Jember Pelatihan perempuan