Panwascam Pasirjambu Antisipasi Serangan Fajar dengan Patroli

Jurnalis: Iwa AS
Editor: Akhmad Sugriwa

13 Februari 2024 15:56 13 Feb 2024 15:56

Thumbnail Panwascam Pasirjambu Antisipasi Serangan Fajar dengan Patroli Watermark Ketik
Komisioner Panwascam Pasirjambu saat penertiban APK di masa tenang, Selasa (13/2/24). Foto: Iwa/Ketik.co.id)

KETIK, BANDUNG – Panitia Pengawas Pemilu tingkat Kecamatan (Panwascam) Pasirjambu Kabupaten Bandung terus berpatroli di masa tenang, khususnya di malam pencoblosan guna mengantisiapasi adanya serangan fajar di hari H pencoblosan Rabu 14 Februari 2024.

"Sejak Apel Siaga Masa Tenang, Panwascam Pasirjambu sudah menginstruksikan kepada Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara PTPS) untuk rutin berpatroli bersama unsur Forkopimcam, khususnya lagi di malam pencoblosan 14 Februari," kata Ketua Panwascam Pasirjambu Agus Syarif Hidayat, S.Pd.I saat konferensi pers di Sekretariat Panwascam Pasirjambu, Selasa (13/2/2024).

Pihaknya juga menginstruksikan kepada PKD dan PTPS untuk melarang dan menghentikan apabila ada kegiatan berbentuk kampanye seperti kampanye tatap muka atau ada pertemuan-pertemuan terbatas di lingkungan masyarakat apalagi jika dekat dengan TPS.

"Terutama bagi PTPS harus standby mengawas semua TPS di lingkungannya masing-masing, sehingga pada masa tenang ini betul-betul kita siap siaga dalam pengawasan supaya tidak ada terjadi kegiatan-kegiatan yang dilarang di masa tenang," imbuh Agus Syarif.

Di masa tenang ini pihaknya dibantu personil dari Bawaslu Kabupaten Bandung juga menertibkan ribuan APK. Agus mengungkapkan sejak hari pertama masa tenang, pihaknya telah menertibkan 2.204 APK.

"Ada sebanyak 2.204 APK yang kami tertibkan sejak hari pertama hingga hari ketiga masa tenang. Di antaranya berbentuk bendera, baligo, spanduk. Kalau billboard cuma 4 unit 4. Semua itu kami tertibkan dibantu Bawaslu untuk APK yang sulit ditertibkan," jelasnya.

Kendati begitu pihaknya mengakui belum ada laporan temuan di masa tenang, karena pihaknya lebih mengedepankan upaya preventif atau pencegahan.
 
"Kalau ada potensi pelanggaran, kami langsung lakukan pencegahan, sehingga alhamdulillah tidak sampai terjadi temuan pelanggaran," ujar Agus.

Sementara untuk persiapan logistik Agus menyatakan sudah 100 persen siap.  "Logistik semua sudah siap 100 persen, termasuk untuk mengisi formulir di TPS," tandasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

APK Masa Tenang PANWASCAM panwascam pasirjambu pileg 2024 pemilu 2024