Pansel Umumkan Tiga Besar Calon Dirut Perumda Tugu Tirta Kota Malang, Priyo Sudibyo Jadi Sorotan

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: M. Rifat

27 Juni 2024 02:50 27 Jun 2024 02:50

Thumbnail Pansel Umumkan Tiga Besar Calon Dirut Perumda Tugu Tirta Kota Malang, Priyo Sudibyo Jadi Sorotan Watermark Ketik
Pengumuman Calon Direksi Perumda Tugu Tirta. (Foto: Facebook Perumda Tugu Tirta Kota Malang)

KETIK, MALANG – Setelah melakukan kurasi, Panitia Seleksi (Pansel) mengumumkan tiga nama calon Dirut Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tugu Tirta Kota Malang. Dari ketiga nama tersebut, Priyo Sudibyo menjadi sorotan.

Ketiga nama diperoleh dari hasil uji kompetensi, presentasi makalah, dan wawancara bersama pansel. Salah satu pansel yang enggan disebutkan namanya menjelaskan dari seleksi tahap kedua, Priyo Sudibyo dinilai memiliki kualitas dan wawasan luas.

"Saya secara pribadi, dan dari pansel Jakarta kan gak kenal sama sekali. Tapi saat wawancara, (pansel) waktu diskusi soal visi misi pengalaman menurut kita sebagian besar itu Priyo Sudibyo punya wawasan yang cukup luas. Ada keberanian untuk inovasi yang cukup bagus dari sisi kebijakan," jelasnya, Kamis (27/6/2024).

Terobosan Priyo terkait pencarian dana dari luar dinilai patut mendapatkan poin besar. Pansel menilai banyaknya pengalaman Priyo sangat dibutuhkan untuk memimpin Perumda Tugu Tirta.

"Contoh soal stagnasi pengembangan Perumda Tugu Tirta Kota Malang kan masalah dana. Dia (Priyo Sudibyo) punya terobosan akan mencari dana di luar. Dalam arti seperti ke pemerintah pusat atau PUPR. Kemudian dari berbagai sisi jawabannya lugas bagus pemikiran jauh," lanjutnya.

Sementara itu Ketua Pansel, Prof M Bisri menjelaskan pengumuman calon direksi ditentukan dari penilaian yang profesional.

"Dasarnya kan nilai, itu nilai yang dikeluarkan pansel sesuai aturan. Jadi tidak asal-asalan," ujar Bisri.

Para calon yang mengikuti seleksi harus berhasil meraih nilai yang berada di atas standar yang ditentukan. Apabila nilai para calon berada di bawah standar maka tidak dapat lolos ke tahap selanjutnya.

Nilai standar yang dikeluarkan sama rata antara Direktur Utama, Direktur Administrasi dan Keuangan serta Direktur Teknik.

"Direksi kan harus lebih tinggi dari Kabag. Kalau lebih rendah ya kualitasnya gimana. Kalau standarnya gimana, saya gak bisa bocorkan," lanjutnya.

Menurut Prof Bisri seluruh penilaian dilakukan untuk mencari kelayakan, kualitas, dan kapasitas calon Direksi Perumda Tugu Tirta. Dengan demikian nama-nama yang lolos telah memiliki kualifikasi yang ditentukan dan akan kembali dikurasi.

"Tentu yang lolos ini ya menunjukkan kualitas dan kapasitasnya terbukti," tegasnya.

Dari ketiga posisi direksi, terdapat kekosongan terhadap Direktur Teknik. Diketahui kondisi tersebut lantara  nilai para calon tak mampu memenuhi standar.

"Kalau yang itu (Direktur Teknik) ya kita ulang, nanti ada sesi lagi," imbuhnya.

Saat dikonfirmasi, Priyo Sudibyo merasa senang dapat masuk ke tiga besar. Pada Kamis ini ia akan melakukan tahap terakhir seleksi dengan wawancara bersama Kuasa Pemilik Modal (KPM) yakni Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat.

"Alhamdulillah saya lolos. Masih ada satu tahapan lagi untuk menyakinkan KPM kalau saya punya kapasitas dan mampu. Mohon doanya," tandasnya.

Adapun nama-nama Calon Direksi Perumda Tugu Tirta Kota Malang yang lolos:

Direktur Utama (Dirut) Perumda Tugu Tirta Kota Malang:

1. Achmad Syarifuddin

2. Priyo Sudibyo

3. Tias Alvin Papatria

Calon Direktur Administrasi dan Keuangan Perumda Tugu Tirta Kota Malang:

1. Ida Ayu Eka Dewi Wijaya

2. Muhammad Galih Awantoro

3. Wahjoe Darmawan

Calon Direktur Teknik Perumda Tugu Tirta Kota Malang:

Nihil atau tidak ada satu pun yang lolos seleksi tahap kedua. (*)

Tombol Google News

Tags:

Perumda tugu tirta Kota Malang Priyo Sudibyo