NU Care Salurkan Bantuan Air Bersih untuk Pesantren di Pacitan

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Mustopa

9 September 2023 08:03 9 Sep 2023 08:03

Thumbnail NU Care Salurkan Bantuan Air Bersih untuk Pesantren di Pacitan Watermark Ketik
Air bersih tengah dipompa mengisi tampungan air pondok yang kian menipis. (Foto: PC NU Pacitan for Ketik Media)

KETIK, PACITAN – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pacitan melalui program NU Peduli atau NU Care menyalurkan bantuan air bersih. Salah satunya ke Pondok Pesantren Nurul Huda, Sentono Kembar, Kecamatan Tulakan.

Bantuan air bersih yang disalurkan sebanyak 12 liter dan diangkut menggunakan truk bermuatan 4 ribu liter.

Ketua PP Nurul Huda, KH. Khamim Abror menyebut debit air di pesantrennya kian menurun, sementara kebutuhan terus meningkat. Kondisi itu memaksanya menggunakan air seadanya hingga membuat kewalahan.

"Selama kurang lebih sebulan memang sangat membutuhkan air bersih. Sempat menggunakan air sumur meskipun mulai keruh," imbuhnya Sabtu, (9/9/2023).

Bantuan air dari NU Care membuatnya sedikit lega. Ia merasa diringankan bebannya dalam melewati puncak kemarau panjang saat ini.

"Kami sangat mengucapkan terima kasih atas kebaikan dari pihak yang turut memberikan bantuan. Ini jelas sangat membantu kami dalam melalui musim kemarau saat ini," tuturnya dengan wajah berseri.

Foto Ketua PP Nurul Huda bersama Tim NU Peduli sewaktu penyaluran air bersih. (Foto: PCNU Pacitan for Ketik Media)Ketua PP Nurul Huda bersama Tim NU Peduli sewaktu penyaluran air bersih. (Foto: PCNU Pacitan for Ketik Media)

Ketua NU Care-Lazisnu Pacitan, Sunoto menyebut, donasi yang masuk ke lembaganya merupakan hasil bantuan yang dihimpun dari berbagai kalangan masyarakat untuk membantu warga terdampak kekeringan.

"Kami menerima infak, sedekah dari masyarakat melalui bank atau langsung ke posko NU Peduli. Untuk kemudian disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan air bersih," jelasnya.

Dia mengatakan, tim NU Peduli terdiri dari tiga pihak, yakni Laziznu, Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU), dan Gerakan Pemuda Ansor Pacitan. Program ini bakal rutin dijalankan guna meringankan kebutuhan air bersih warga.

Ia berharap segera ada solusi selain pendistribusian air, agar di tahun yang akan datang keluhan masyarakat tak terjadi kembali. Lazisnu Pacitan juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan relawan atas kerjasamanya dalam mendukung gerakan sosial tersebut.

"Kondisi saat ini di kalangan masyarakat sudah kehabisan air bersih, sumber pun sudah banyak yang kering. Semoga bantuan air bersih ini dapat bermanfaat untuk kelangsungan hidup masyarakat," ungkapnya.

Sebagai informasi, Tim NU Peduli Air Bersih Pacitan mengajak warga masyarakat menyisihkan rezekinya untuk disalurkan ke pihak yang membutuhkan. Bantuan berupa uang dapat dikirimkan melalui Bank BRI dengan nomor rekening 3872-01-018698-53-8 dan rekening Bank Jatim 0212400602 atas nama Lazisnu Pacitan.

Sumbangan juga bisa diberikan langsung ke posko bantuan air bersih, yang beralamatkan di Kantor PCNU Pacitan, Jalan Letjend S.Parman No.48, Krajan, Kelurahan Pucangsewu, Pacitan. Atau bisa menghubungi nomor Zaenal Arifin 0877 5887 0111, dan Sunoto 0821 4370 9333. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kekeringan Bantuan Air Bersih NU PEDULI pacitan KRISIS AIR