Novotel Samator Bersih-bersih Kawasan Mangrove Surabaya

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Marno

1 Juni 2023 05:15 1 Jun 2023 05:15

Thumbnail Novotel Samator Bersih-bersih Kawasan Mangrove Surabaya Watermark Ketik
Novotel Samator Bersih-bersih di kawasan Ekowisata Mangrove. (Foto: Dok. Novotel Samator) 

KETIK, SURABAYA – Untuk terus berkontribusi terhadap kebersihan lingkungan, Novotel Samator menggelar bersih-bersih kawasan mangrove karena kawasan ini punya peran penting namun juga memiliki segi estetika yang tinggi untuk menjadi destinasi pariwisata. 

Novotel Samator Surabaya Timur yang berada tak jauh dari, Ekowisata Mangrove Wonorejo menjadi perhatian utama bagi hotel bintang 4 jaringan Accor Hotels ini untuk dapat menjalankan aksi Corporate Social Responsibility (CSR) yang bermanfaat. 

Kegiatan ini dilakukan oleh para internal talent Novotel Samator untuk Bersih-bersih Mangrove Wonorejo dengan tag line 'Mangrove Bersih Bumi Lestari'. 

Foto Novotel Samator Bersih-bersih di kawasan Ekowisata Mangrove. (Foto: Dok. Novotel Samator)Novotel Samator Bersih-bersih di kawasan Ekowisata Mangrove. (Foto: Dok. Novotel Samator)

Aksi ini diselenggarakan untuk memperingati Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia atau International  Day for Biological Diversity yang diperingati setiap tanggal 22 Mei. 

Sering kali, upaya pelestarian hutan mangrove hanya diasosiasikan pada aksi tanam mangrove saja. Padahal, aktivitas membersihkan sampah-sampah yang tersangkut dan menumpuk di area mangrove secara rutin juga tidak kalah penting karena sampah yang dibawa oleh arus laut sangatlah banyak dan tak akan pernah habis. 

Pengelola atau Tour Guide Ekowisata Mangrove Wonorejo Devid menjelaskan jika sampah-sampah yang tersangkut di kawasan mangrove ini tak kunjung dibersihkan itu dapat merusak bibit-bibit mangrove yang akan tumbuh. 

“Dan jika terus begitu, dampaknya juga bisa mengganggu pertumbuhan pohon-pohon lainnya. Karena bayangkan saja, sampahnya bisa sebesar tas jinjing, koper hingga kasur lipat," paparnya.

Kegiatan yang diselenggarakan pada Minggu pagi tersebut berhasil mengumpulkan 15 karung sampah dengan masing-masing berat sekitar 40 kg sehingga total sampah yang berhasil dikumpulkan kurang lebih seberat 600 kg. 

Melalui Aksi Bersih-Bersih Mangrove ini, Novotel Samator menunjukkan komitmennya terhadap kepedulian lingkungan serta mendukung optimalisasi kunjungan wisatawan ke destinasi pariwisata di sekitar area hotel.

Foto Novotel Samator Bersih-bersih di kawasan Ekowisata Mangrove. (Foto: Dok. Novotel Samator)Novotel Samator Bersih-bersih di kawasan Ekowisata Mangrove. (Foto: Dok. Novotel Samator)

CSR ini menjadi yang pertama kalinya dilakukan oleh Novotel Samator dan nantinya akan bisa diterapkan di area lain namun tentu saja ini layak untuk dilanjutkan juga oleh rekan-rekan pelaku bisnis lainnya karena aksi ini harus dilakukan berkesinambungan. 

"Selain itu kami sendiri juga sudah menyiapkan paket menginap Ecotourism Staycation yakni menginap sekaligus berwisata ke Mangrove Wonorejo sebagai pilihan wisata edukatif,” pungkas David Kalalo selaku General Manager. (*)

Tombol Google News

Tags:

Novotel Samator mangrove ekowisata CSR