Nani-Bayu Terpilih Jadi Ketum dan Sekjen AJI 2024-2027

Jurnalis: Muhammad Faizin
Editor: Mustopa

6 Mei 2024 03:23 6 Mei 2024 03:23

Thumbnail Nani-Bayu Terpilih Jadi Ketum dan Sekjen AJI 2024-2027 Watermark Ketik
Pasangan Nani-Bayu usai terpilih menjadi Ketua Umum - Sekjen AJI 2024 - 2027 di Kongres XII AJI di Palembang. (Foto: akun X Aji Indonesia)

KETIK, PALEMBANG – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) punya pemimpin baru. Pasangan Nani Afrida dan Bayu Wardhana terpilih sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal AJI periode 2024-2027 melalui Kongres XII AJI di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) pada Minggu (5/5/2024) malam. 

Kongres AJI yang digelar di Palembang kali ini adalah kongres pertama yang digelar usai pandemi sekaligus menggunakan sistem baru. Seluruh anggota AJI dari berbagai wilayah bisa memilih langsung pasangan calon secara daring.

Terdapat empat pasangan calon di mana proses pemilihan berlangsung dari pukul 10:00 WIB hingga pukul 17:00 WIB. 

Dalam proses perhitungan, pasangan Nani-Bayu yang mendapat nomor urut 1 menang telak dengan raihan 90 suara elektoral. 

Berikutnya pasangan nomor urut 2 Aloysius Budi Kurniawan dan Iman D Nugroho memperoleh 42 suara elektoral, pasangan nomor urut 3 Ika Ningtyas dan Laban Abraham Laisila memperoleh 48 suara elektoral dan pasangan nomor urut 4 Edy Can dan Asep Saefullah mendapat 37 suara elektoral.

Suasana pemilihan dan pemungutan suara berlangsung kondusif di mana usai pemilihan, empat pasangan saling bergandengan tangan. 

Total terdapat 1.568 Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari 40 AJI kota se-Indonesia. Namun dari jumlah tersebut, hanya 1.213 anggota yang menyalurkan suaranya. 

Suara para anggota dengan sistem one man one vote itu kemudian dikonversi ke dalam suara elektoral. Sistem pemilihan dalam kongres kali ini berbeda dengan sistem sebelumnya, di mana pasangan calon Ketum-Sekjen dipilih oleh suara perwakilan AJI kota se-Indonesia. 

Sebelum pemungutan suara, masing-masing pasangan calon diberikan tahapan kampanye berupa pemaparan visi-misi yang bisa diikuti seluruh anggota AJI secara daring maupun luring di lokasi kongres. Isu advokasi menjadi tema sentral dari empat pasangan. 

Begitu terpilih, pasangan Nani-Bayu berjanji akan mengawal masalah advokasi dan kesejahteraan jurnalis. 

Nani merupakan perempuan kedua sekaligus orang Aceh kedua, yang dipercaya menjadi Ketua Umum AJI. Sebelumnya ada Ati Nurbaiti yang menjadi Ketua Umum perempuan pertama (periode 2000-2003). Selain itu juga ada Nezar Patria, jurnalis Aceh yang menjadi Ketua Umum AJI (2008 - 2011) dan kini menjabat sebagai Wakil Menkominfo. 

Nani dan Bayu menggantikan ketua umum dan sekretaris jenderal periode 2021-2024, Sasmito Madrim dan Ika Ningtyas.

Saat ini, Nani adalah Pemimpin Redaksi Independen.id dan mantan Kordinator Divisi Gender Anak dan Kelompok Marjinal AJI Indonesia periode 2021-2024. Mantan aktivis LAND ini telah berpengalaman selama 23 tahun menjadi jurnalis. 

Pemilik dua gelar magister dari University for Peace (UN Mandated) dan Ateneo de Manila University ini merupakan mantan jurnalis Serambi Indonesia (Tribun Network), The Jakarta Post, European Pressphoto Agency, DPA, Anadolu Agency, dan Konde.co.

Adapun Bayu Wardhana merupakan Pemimpin Umum Independen.id dan editor RRI. Sebelumnya, pernah menjadi jurnalis Kontan (KG Media). Alumnus UGM ini pernah menjadi pemimpin redaksi Pers Mahasiswa Bulaksumur dan juga terlibat dalam pendirian AJI Yogyakarta tahun 1998. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Aji Aliansi Jurnalis Independen Nani Afrida Bayu wardhana