Musim Hujan Melanda, Gunakan Tips Ini untuk Perkuat Sistem Imun

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

27 Januari 2024 01:43 27 Jan 2024 01:43

Thumbnail Musim Hujan Melanda, Gunakan Tips Ini untuk Perkuat Sistem Imun Watermark Ketik
Ilustrasi Hujan. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Musim hujan telah datang, banyak wilayah Indonesia yang sudah mulai diguyur hujan bahkan beberapa daerah mengalami banjir akibat meningkatnya debit air.

Mengutip data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) periode musim hujan di Indonesia akan berlangsung hingga April 2024. 

Oleh sebab itu penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Berikut ini adalah tips yang dapat dilakukan untuk menjaga sistem imun di musim hujan.

1. Tambah energi dengan makanan bergizi lengkap

Menjaga kesehatan tubuh bisa dimulai dari langkah sederhana namun signifikan, yakni mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Penuhi kebutuhan karbohidrat, protein hewani termasuk susu.

2. Konsumsi vitamin

Tidak hanya makanan bergizi, vitamin yang cukup berfungsi untuk mengoptimalkan daya tahan tubuh. Mulai dari vitamin C, B kompleks, vitamin D, hingga mineral yang bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh, menjaga kesehatan pencernaan juga kesehatan kulit.

3. Gunakan pelembab untuk kulit

Saat musim hujan, udara jadi lebih dingin sehingga kelembaban kulit berkurang membuatnya jadi kering, rentan iritasi dan infeksi. Agar kulit tetap sehat, jangan lewatkan eksfoliasi, rutin aplikasi tabir surya dan pelembab.

4. Gunakan air purifier dan dehumidifier 

Jangan lupa juga menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari virus dan bakteri penyebab penyakit. Misalnya, kubangan air bisa menjadi sarang nyamuk, sementara udara kotor bisa mengakibatkan gangguan pernapasan.(*)

Tombol Google News

Tags:

Musim Hujan sistem imun kesehatan daya tahan Makanan bergizi pelembab