Muncul 3 Calon Ketua Kwarnas Munas Pramuka Aceh, Terkuat GKR Mangkubumi

Jurnalis: Muhammad Faizin
Editor: Mustopa

3 Desember 2023 10:27 3 Des 2023 10:27

Thumbnail Muncul 3 Calon Ketua Kwarnas Munas Pramuka Aceh, Terkuat GKR Mangkubumi Watermark Ketik
GKR Mangkubumi, Wakil Ketua Kwartir Nasional yang menjadi salah satu kandidat kuat di Musyawarah Nasional (Munas) XI Gerakan Pramuka. (Istimewa)

KETIK, BANDA ACEH – Sejumlah nama mengemuka sebagai kandidat calon ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka periode 2023 – 2028. Mereka akan bersaing dalam Musyawarah Nasional (Munas) XI Gerakan Pramuka yang digelar di Aceh pada 1 – 4 Desember 2023. 

Menurut Sekjen Kwarnas Gerakan Pramuka, Mayjen TNI Bachtiar, selain kandidat petahana Budi Waseso, ada tiga nama calon yang diusulkan oleh sejumlah pengurus daerah. Mereka adalah GKR Mangkubumi, Komarudin Watubun, dan Eris Herryanto. 

“Empat nama calon ini telah melalui berbagai tahapan seleksi administrasi,” ujar Bachtiar kepada awak media pada Minggu (03/12/2023). 

GKR Mangkubumi adalah putri sulung Sri Sultan Hamengku Buwono X yang merupakan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Perempuan bernama lengkap Gusti Kanjeng Ratu Mangkubumi Hamemayu Hayuning Bawana Langgeng ing Mataram ini juga merupakan cucu dari bapak Pramuka Indonesia, Sri Sultan HB IX telah lama berkecimpung di dunia Pramuka ini, disebut-sebut sebagai kandidat terkuat. Saat ini ia tercatat sebagai Wakil Ketua Kwartir Nasional/Ketua Komisi Pengabdian Masyarakat masa bakti 2018 – 2023. 

Komarudin Wakatubun merupakan politikus PDIP yang saat ini masih menjadi anggota DPR RI selama dua periode terakhir. Berangkat dari dapil Papua, Komarudin Wakatubun duduk di Komisi II yang membidangi masalah pemerintahan. 

Budi Waseso merupakan purnawirawan polisi dengan pangkat terakhir Komisaris Jenderal (Komjen). Semasa aktif di kepolisian, Buwas –julukannya kala itu- sempat menduduki sejumlah jabatan strategis. Mulai dari Kepala BNN hingga Kabareskrim Polri. Selain aktif di Pramuka, Budi Waseso juga dipercaya menjadi Dirut Perum Bulog hingga dicopot 2 hari yang lalu. 

Masa kepemimpinan Budi Waseso di Kwarnas Gerakan Pramuka diwarnai sejumlah kontroversi. Diantaranya terkait dengan pencopotan sejumlah pengurus penting Pramuka yang dinilai sepihak dilakukan oleh Budi Waseso. 

Seperti halnya Budi Waseso, Eris Herryanto adalah purnawirawan jenderal bintang tiga. Ia berasal dari matra TNI AU Korps Penerbang dengan jabatan terakhir sebagai Sekjen Kementerian Pertahanan. Alumnus Akabri Udara tahun 1976 ini merupakan penerbang pertama F-16 Fighting Falcon TNI AU pada 1990. 

Namun dari empat nama itu, satu kandidat dipastikan tidak bisa melaju ke tahap pemilihan. 

“Salah satu syarat menjadi Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka adalah pernah menjadi pengurus Gerakan Pramuka selama lima tahun. Hanya ada tiga calon yang memenuhi persyaratan tersebut yakni Budi Waseso, GKR Mangkubumi dan Eris Herryanto,” sambung Bachtiar. 

Ketua Seksi Informasi Munas Gerakan Pramuka XI R Ryan Abdilla menambahkan, hasil pemilihan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka akan diumumkan pada akhir munas, yakni 04 Desember 2023. 

“Sistem pemilihan suara, dari 34 kwartir daerah dari 34 provinsi, masing-masing memiliki satu suara. Ditambah suara dari kwarnas,” ujar Ryan. (*)

Tombol Google News

Tags:

GKR Mangkubumi Pramuka Munas Kwarnas Kwartir Nasional Budi Waseso Munas Pramuka Aceh