Mobil Jeep Wisata Bromo Terjun ke Jurang, Satu Wisatawan Meninggal

Jurnalis: Tunjung Mulyono
Editor: Mustopa

5 September 2023 05:10 5 Sep 2023 05:10

Thumbnail Mobil Jeep Wisata Bromo Terjun ke Jurang, Satu Wisatawan Meninggal Watermark Ketik
Anggota Sat Lantas Polres Probolinggo saat melakukan olah TKP. Foto: Satlantas for Ketik.co.id

KETIK, PROBOLINGGO – Kecelakaan di jalur wisata gunung Bromo kembali terjadi. Kali ini 1 unit mobil jeep wisata terjun bebas ke jurang jontro di Desa Wonokerto, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo pada Senin (4/9/2023). Akibatnya 1 wisatawan meninggal dunia dan 3 lainnya mengalami luka-luka. 

Kecelakaan tragis itu menimpa mobil jeep Nopol N 1963 QG yang dikemudikan Sumir (23) warga Desa Boto, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo. Kecelakaan ini terjadi tepatnya di jalan desa Wonokerto, kecamatan Sukapura, kabupaten Probolinggo sekitar pukul 12.45 WIB.

Pada saat kejadian, Sumir tengah membawa para wisatawan, yakni Sutomo (45), Raton (50), Saiful Anwar (21), dan Muhammad Erik (2). Mereka merupakan satu keluarga yang terdiri dari mertua, menantu, dan saudara ipar asal desa Boto, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo. 

Kanit Laka Satlantas Polres Probolinggo Ipda Aditya Wikrama mengungkapkan, kecelakaan itu bermula pada saat mobil jeep melintas di tempat kejadian perkara (TKP) dan menyerempet kendaraan lain dari arah berlawanan.

"Sopir jeep ini secara reflek banting setir ke kiri untuk menghindari serempetan lebih parah. Nahas, kendaraannya justru berbelok ke kiri dan terjun ke dalam jurang," ungkapnya, Selasa (5/9/2023). 

Setelah kendaraan terjun bebas dan terguling beberapa kali di jurang sedalam 30 meter itu, para warga yang mengetahui kejadian itu lantas berusaha untuk melakukan penyelamatan terhadap para korban.

"Ada lima orang penumpang di dalam mobil nahas itu. Satu sopir dan empat penumpang. Satu penumpang atas nama Raton dinyatakan meninggal dan lainnya mengalami luka-luka," jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Ipda Aditya, seluruh korban telah diawat di Puskesmas Sukapura. Sedangkan korban meninggal dibawa ke rumah duka untuk dimakamkan.

"Untuk penanganan lebih lanjut pada kasus laka lantas ini, anggota kami telah melakukan olah TKP dan meminta keterangan dari para saksi. Dugaan awalnya kecelakaan ini akibat kelalaian sopir jeep," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Jeep Bromo Jurang Laka Lantas probolinggo