Misteri Bunyi Gamelan di Gua Gong Pacitan: Dulu Ditakuti, Kini Jadi Daya Tarik Wisatawan

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Mustopa

2 September 2023 06:13 2 Sep 2023 06:13

Thumbnail Misteri Bunyi Gamelan di Gua Gong Pacitan: Dulu Ditakuti, Kini Jadi Daya Tarik Wisatawan Watermark Ketik
Potret halaman depan Gua Gong, Desa Bomo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Kini, mengundang minat para pelancong lantaran keindahan alam luar biasa dan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Ada salah satu tempat paling misterius dan memukau di daratan Pulau Jawa, yakni Gua Gong di Kabupaten Pacitan. Selama bertahun-tahun, tempat ini dikenal karena sebuah fenomena alam di luar penalaran manusia tempo dulu.

Diyakini, bahwa Gua tersebut merupakan rumah makhluk gaib yang senang menabuh gamelan menyerupai suara Gong.

Alunan gamelan yang terdengar kencang di setiap malam kala itu menimbulkan spekulasi dan cerita gaib di antara penduduk setempat. Tak ketinggalan label angker pun disematkan pada gua tersebut.

Mengawali kisah, konon pada tahun 1924, air sangat dibutuhkan oleh penduduk setempat. Dampak dari kemarau panjang menyebabkan hampir keseluruan mata air mengering.

"Ada dua tokoh bernama Mbah Joyo dan Noyo, yang berniat melakukan pencarian demi menemukan sumber mata air," kata Perangkat Desa Bomo, Kecamatan Punung Firman, saat ditemui dirumahnya, Sabtu, (2/9/2023).

Usut punya usut, mereka mencoba masuk ke dalam Gua dengan berbekal obor sebagai sumber cahaya. Dengan berani, kedua tokoh harapan penduduk tersebut nekat menjelajah lubang-lubang gelap yang ada di area bawah tanah tersebut.

Setelah berpetualang dan menjelajah selama beberapa waktu, mereka akhirnya berhasil menemukan mata air sesuai dengan harapan. Kabar baik itu, membawa angin segar bagi penduduk yang selama ini kesulitan mendapatkan air untuk diminum.

Namun, tak selang lama kebahagiaan itu dirusak oleh misteri yang menyelimuti Gua jamahan kedua tokoh tersebut.

Penduduk yang hendak mengambil air di Gua, sering kali mendengar suara gamelan berdendang di waktu malam saat langit mulai gelap. Alunan-alunan tersebut serupa dengan tabuhan gong, salah satu instrumen utama dalam orkestra gamelan Jawa.

“Suaranya mirip gong, membuat warga jaman dulu berlarian tak mau lagi mengambil air di wilayah itu,”ungkapnya.

Sebagian besar meyakini area bawah tanah itu mungkin saja dihuni oleh roh atau makhluk gaib, yang setiap malamnya senang memainkan gamelan.

“Hampir kebanyakan penduduk tidak ada yang berani ke situ, bahkan turun-temurun tempat itu disebut tempat yang angker dan sunyi,” ucapnya dengan serius.

Tak kuat melawan rasa takut, akhirnya berita buruk itu menyebar ke setiap telinga penduduk. Sebagian besar warga tidak sudi melintas dan lebih memilih mencari air di wilayah lain seolah tidak peduli meski tenggorokan kering.

Foto Suasana di dalam Gua Gong Pacitan, Jawa Timur yang menyimpan ribuan misteri didalam. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)Suasana di dalam Gua Gong Pacitan, Jawa Timur yang menyimpan ribuan misteri didalam. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

Seiring berjalannya waktu dan peradaban yang kian modern, misteri alunan gaib itu pun akhirnya terungkap. Melalui, penelitian ilmiah oleh para ahli geologi dan akustik.

Mereka berhasil menemukan sumber bunyi gamelan gaib tersebut. Geolog itu menyimpulkan bahwa, adanya suara itu merupakan interaksi antara tetesan air yang jatuh dari langit-langit (stalaktit dan stalakmit) di dalam Gua.

Tetesan air itu yang menimbulkan gema di setiap ruangan, perpaduan suara pada setiap batuan menciptakan harmoni alami yang menyerupai gamelan Jawa, serupa alat musik gong.

“Ya akhirnya terungkap setelah adanya penelitian itu, masyarakat akhirnya malah bebondong-bondong melihat isi didalamnya,” kisahnya.

Penemuan itu akhirnya telah menghilangkan misteri yang selama ini menyelimuti Gua Gong. Kendati demikian, hal itu justru makin menghadirkan keajaiban alam yang luar biasa.

Bunyi gamelan alami yang diciptakan oleh alam  telah menjadi daya tarik unik bagi wisatawan yang datang ke Pacitan. Selain keindahan alam yang menakjubkan, para pengunjung juga dapat merasakan konser alam, penuh dengan pesona di dalam gua yang awalnya misterius ini.

Kini, Gua Gong menjadi destinasi wisata yang menawan dan menakjubkan. Sejarahnya yang berawal dari pencarian air hingga penemuan fenomena alam yang menakjubkan itu, telah mebuat sempurna pesona Gua Gong sebagai tujuan wisata yang tak terlupakan.

"Bagi yang datang ke sini, bebatuan yang ketika dipukul memiliki bunyi gamelan itu, pasti bakal menjadi kenangan indah yang membekas dalam ingatan," tutupnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Gua Gong Pacitan misteri