Mewah, KA Majapahit New Generation Kereta Api Ekonomi Rasa Eksekutif

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Gumilang

25 Maret 2024 15:00 25 Mar 2024 15:00

Thumbnail Mewah, KA Majapahit New Generation Kereta Api Ekonomi Rasa Eksekutif Watermark Ketik
Tampilan KA Majapahit Express yang baru beroperasi hari ini. (Foto: Lutfia/Ketik)

KETIK, MALANG – Kereta Api Majapahit generasi baru telah berhasil diberangkatkan secara perdana pada Senin (25/3/2024) di Stasiun Kota Malang menuju Stasiun Pasar Senen, Jakarta.

Dilengkapi fasilitas yang canggih, kereta api ini siap memanjakan perjalanan panjang para pelanggan. Manager Humas Kereta Api Indonesia (KAI) daop 8 Surabaya, Luqman Arif menjelaskan kereta api Majapahit telah dilapisi stainless yang memberikan kesan elegan. 

"Untuk meningkatkan layanan pasa pelanggan, khususnya jelang angkutan lebaran ini, PT KAI mengoperasikan kereta new generatiom pada rangkaian KA Majapahit Express. Banyak hal yang membedakan, dari tampilan eksterior lebih bagus dengan menggunakan stainless," ujarnya saat ditemui di jalur pemberangkatan kereta jarak jauh di Stasiun Kota Malang. 

Di bagian interior kereta, terlihat perbedaan menonjol pada tempat duduknya. Jika biasanya terdapat dua dan tiga kursi, kini di sisi kanan dan kiri KA Majapahit hanya tersedia dua kursi. 

Foto Fasilitas kursi penumpang yang dapat diputar untuk menambah kenyamanan. (Foto: Lutfia/Ketik)Fasilitas kursi penumpang yang dapat diputar untuk menambah kenyamanan. (Foto: Lutfia/Ketik)

Selain itu pelanggan dapat memutar masing-masih kursinya untuk memilih berhadapan dengan kursi lain yang ada di belakangnya, ataupun tidak. Hal tersebut untuk menyesuaikan dengan keinginan dan kenyamanan tiap pelanggan. 

"Sudah tidak ada lagi tiga kursi karena sekarang duduknya untuk berdua dan lebih nyaman karena bisa diputar sekaligus kemiringan bisa diatur. Space pun lebih lega," ujarnya. 

Pintu keluar sekaligus yang memisahkan antar gerbong pun telah dilengkapi dengan tombol untuk membuka dan menutup. Begitu pula dengan toilet yang tersedia sudah dibedakan antara laki-laki dan juga perempuan. 

Untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan, PT KAI bahkan rela mengurangi kapasitas kursi di setiap gerbong. Biasanya dalam satu gerbong terdapat sekitar 80 kursi namun saat ini hanya dapat menampung kapasitas 72 orang. 

"Rangkaian KA Majapahit express ini ada delapan kereta kelas ekonomi di satu rangkaian. Masing-masing gerbong terdiri dari 72 tempat duduk. Pastinya dalam rangkaian itu ada satu kereta makan," lanjut Luqman. 

Dengan beragam kenyamanan tersebut, PT KAI tidak mematok harga tiket kereta yang lebih tinggi. Bahkan jika beruntung pelanggan bisa mendapatkan tiket KA Majapahit Express hanya Rp 90.000 melalui goshow. 

"Kami ingin meningkatkan layanan kepada pelanggan. Apalagi Majapahit ini kereta jarak jauh dan berangkat ada yang jam 18.45 dan baru tiba pukul 08.37 WIB. Perlu perjalanan yang lebih dari 10 jam," tuturnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kereta Api Majapahit Express PT KAI Daop 8 Surabaya PT KAI Kereta Api Stasiun Kota Malang