Meski Imbang, Sidoarjo Kokoh di Puncak Klasemen Porprov Jatim VIII 2023

Jurnalis: Yudha Fury
Editor: Muhammad Faizin

4 September 2023 14:15 4 Sep 2023 14:15

Thumbnail Meski Imbang, Sidoarjo Kokoh di Puncak Klasemen Porprov Jatim VIII 2023 Watermark Ketik
Seorang pemain Sidoarjo berjuang keras melewati hadangan dari 2 pemain lawan. (Foto : Fahthur Roziq / Ketik.co.id)

KETIK, SIDOARJO – Tuan rumah Sidoarjo gagal melanjutkan trend positif dalam cabor sepak bola di gelaran Porprov Jatim VIII 2023. Menyusul pada pertandingan kedua grup A yang digelar di Stadion Jenggolo, Senin (4/8/2023) Sidoarjo ditahan imbang oleh Kota Kediri dengan skor 1-1.

Sejak peluit babak pertama ditiup, kedua tim langsung bermain menekan. Alhasil jual beli serangan tak terhindarkan. Bahkan kedua pelatih dari masing-masing tim, tak bisa berhenti memberikan instruksi pada anak asuhnya.

Saling counter strategi pun tersuguh dengan manis, memanjakan setiap mata penonton yang datang. Meski situasi memanas namun tak meruntuhkan semangat juang. Babak pertama pun berakhir imbang tanpa gol.

Usai turun minum, tuan rumah Sidoarjo lebih meningkatkan serangan. Sehingga tim Kediri pun menerapkan strategi counter attack.

Namun sayangnya seiring berjalannya pertandingan, Sidoarjo kehilangan jatidiri. Ciri khas permainan kolektif dengan mengandalkan umpan pendek, tak terlihat banyak di babak kedua.

Meski seperti kehilangan jati diri permainan, Sidoarjo justru mampu membuka keunggulan di menit 70. Ditunjuk sebagai algojo, M Restu Agung sukses melesakkan si kulit bundar ke gawang Kediri dari titik penalti. Hukuman penalti didapatkan setelah pemain asal Persebaya U-17, Jonathan Arya Prawira dijatuhkan di kotak terlarang oleh Umar Rohmatullah yang juga kapten tim Kota Kediri. Skor berubah jadi 1-0 untuk keunggulan Sidoarjo.

Foto Pemain bertahan Kediri mencoba menggalkan peluang di depan gawangnya. Dia merebut bola dari pemain Sidoarjo. (Foto : Fahthur Roziq / Ketik.co.idPemain bertahan Kediri mencoba menggalkan peluang di depan gawangnya. Dia merebut bola dari pemain Sidoarjo. (Foto : Fahthur Roziq / Ketik.co.id)

Tersulut mengejar ketertinggalan, tim Kediri memberikan respon cepat. Pelatih tim Kediri segera melakukan perubahan tim dengan memasukkan Diva Ananta Berlian pada menit ke-82 dengan posisi Bek, menggantikan pemain tengah Rafael Adiwinanto.

Pergantian yang dilakukan ini terlihat sangat efektif, bahkan di sisa pertandingan tim Kota Kediri terus mengurung pertahanan Sidoarjo, yang hanya mampu sesekali melakukan serangan balik.

Tak berhenti sampai di sini, bahkan Diva berhasil memanfatkan kemelut di mulut gawang Sidoarjo yang tercipta lewat tendangan pojok menjadi sebuah gol balasan. Tepatnya pada menit ke 90, tim Kediri berhasil menyeimbangkan keadaan dengan skor 1-1. Hasil ini terus bertahan hingga pertandingan usai.

Ditemui usai pertandingan, pelatih tim Sidoarjo Miftakul Huda memberikan apresiasi yang tinggi terhadap timnya dan akan melakukan pembenahan dalam laga selanjutnya.

“Saya merasa bangga terhadap perjuangan tim saya, namun tetap banyak yang harus dibenahi, dimana pada pertandingan hari ini kesulitan untuk menguasai bola dan kebanyakan tim kami melakukan passing long ball. Berbeda dari pertandingan sebelumnya yang berhasil melakukan umpan-umpan pendek, ini menjadi evaluasi dari tim kami dan akan menerapkan permainan yang lebih baik pada pertandingan selanjutnya” ucap Huda.

Sementara itu, pelatih dari kesebelasan Kota Kediri Wimba Sutan Fanosa, juga merasa senang karena timnya tampil dengan semangat dan pantang menyerah.

"Saya mengucapkan syukur alhamdulillah karena tim kami berhasil mencuri 1 poin dari tuan rumah, dimana mereka diunggulkan karena sebagai tuan rumah dan tampil lebih percaya diri. Namun tim kami tak patah semangat dan terbukti bisa mengimbangi permainan mereka," ujar Wimba saat konfrensi pers usai laga.

Dengan hasil imbang ini, maka tuan rumah Sidoarjo masih kokoh di puncak klasemen grup A Cabor Sepakbola Porprov VIII 2023, meski di pertandingan lainnya, Kota Blitar mampu melibas Kabupaten Lumajang dengan skor 3-0. Saat ini, Sidoarjo dan Kediri sama-sama memiliki poin 4, namun Sidoarjo unggl selisih gol dengan 4 gol memasukkan dan hanya 1 kemasukkan gol. Sedangkan Kediri memasukkan 3 gol dan memasukkan 2 gol.

Pertarungan perebutan juara grup akan ditentukan lewat pertandingan terakhir grup A pada tanggal 6 September 2023 yang menghadirkan pertandingan Sidoarjo melawan Kota Blitar dan Kota Kediri melawan Kabupaten Lumajang. (*)

Tombol Google News

Tags:

Porprov sepakbola Klasemen sidoarjo kediri persebaya Bonek Pekan Olahraga Provinsi sepak bola