Mengunjungi Wisata Sejarah Rumah Lahir Bung Karno di Peneleh

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

16 Agustus 2023 07:30 16 Agt 2023 07:30

Thumbnail Mengunjungi Wisata Sejarah Rumah Lahir Bung Karno di Peneleh Watermark Ketik
Bagian dalam Rumah Lahir Bung Karno. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Sebagai wilayah yang mendapat julukan sebagai kota pahlawan, Surabaya memiliki banyak bangunan cagar budaya yang merekam jejak sejarah perjalanan bangsa Indonesia. Salah satunya adalah Rumah Kelahiran Bung Karno yang merupakan presiden pertama Indonesia.

Terletak di Jalan Peneleh Gang Pandean IV Nomor 40, Kelurahan Peneleh, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya. Bangunan tua sederhana ini terlihat sederhana, yang terdiri atas ruang tamu, ruang makan, dua kamar tidur, serta dapur.

Di dalam bangunan ini para pengunjung disuguhkan berbagai arsip-arsip sejarah, potret silsilah keluarga  Sukarno, serta memorabilia lain yang dibentuk menarik. Bangunan ini sebelumnya di beli oleh Pemerintah Kota Surabaya dari salah seorang warga yang kemudian dijadikan cagar budaya berdasarkan Surat Keputusan Walikota Surabaya Nomor 188.45/321/436.1.2/2013.

"Di rumah kelahiran Bung Karno ini selain arsip arsip sejarah, pengunjung juga dapat menikmati pertunjukan audio visual dan film sejarah yang terkait dengan Bung Karno," terang Rahmadhany Firmasyah, pemandu Rumah Kelahiran Bung Karno, Rabu (16/8/2023).

Foto Tampak depan Rumah Lahir Bung Karno. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)Tampak depan Rumah Lahir Bung Karno. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

Berbicara mengenai pengunjung Rahmadhany menambahkan, kebanyakan pengunjung museum ini merupakan kalangan pelajar dan keluarga. Para pengunjung biasanya ramai pada akhir pekan. Apalagi saat memasuki bulan Agustus dan November.

"Kalo pengunjung sih biasanya banyaknya weekend ya. Terutama bulan Agustus dan September. Untuk satu kali sesi kapasitas maksimal kita ada di 50 sampai 75 orang," tambahnya.

Bagi anda yang tertarik dengan sejarah, Rumah Lahir Bung Karno ini bisa menjadi pilihan. Buka pada hari Selasa hingga Minggu, dari pukul 8:00 hingga 15:00 WIB.

Untuk memasuki museum tidak dipungut biaya alias gratis. Namun tetap perhatikan peraturan dan harap selalu menjaga ketertiban.(*)

Tombol Google News

Tags:

sejarah Bung Karno Kemerdekaan Pemkot Surabaya peneleh museum Sejarah Nasional Indonesia SUKARNO