Mengenal Kucing Caracal, Anabul yang Diungkap Rachel Vennya Ditelantarkan Mantan Suami

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

27 Maret 2024 12:12 27 Mar 2024 12:12

Thumbnail Mengenal Kucing Caracal, Anabul yang Diungkap Rachel Vennya Ditelantarkan Mantan Suami Watermark Ketik
Penampakan kucing caracal, jenis anabul yang dimiliki Okin (Foto: Foto/Cats.com)

KETIK, JAKARTA – Akibat menelantarkan hewan peliharaannya, yakni kucing caracal, Niko Al Hakim atau yang akrab disapa Okin mendapatkan hujatan dari para netizen. Kabar dugaan penelantaran hewan ini diungkap oleh sang mantan istri yakni Rachel Vennya melalui akun instagram pribadinya @rachelvennya.

Hewan tersebut ada di rumah Rachel yang dulu juga pernah ditempati Okin saat mereka masih menjadi suami istri. Dari hasil pemeriksaan dokter, kucing Okin didiagnosa mengalami gejala anemia, dehidrasi berat, bengkak pada liver hingga autoimun. Pada postinganya, Rachel sampai mengungkapkan kekesalannya kepada mantan suaminya tersebut.

Foto Rachel Venya (foto: instagram @ Rachel vennya)Rachel Venya (foto: instagram @ Rachel vennya)

“Bisa tenang kah hidup tahu kayak gini? Kalau udah kayak gini teman-teman exclusif saksinya ya. aku mau bawa anabul ini dan perbaiki gizinya sama ahlinya, kalau sampai diminta balik sih ga waras,” ungkap Rachel di Instagram.

Kucing caracal termasuk kucing liar yang lebih banyak ditemukan di daerah gurun, sabana, dan hutan Afrika. Bentuk fisiknya yang berbeda dibandingkan kucing domestik di Indonesia kerap membuat caracal memiliki daya tarik tersendiri. 

Dikutip dari Africa Freak, berikut fakta menarik tentang kucing caracal:

1. Arti nama Caracal

Nama caracal berasal dari bahasa Turki yakni, Karakulak yang memiliki arti 'telinga hitam' sesuai dengan penampakannya telinga kucing caracal memang memiliki warna hitam. Akan tetapi telinga tersebut bukan hanya sebagai indera pendengaran semata, tetapi juga sebagai alat komunikasi yang akan bergerak atau berkedut apabila mendengar sesuatu.

Selain itu telinganya yang panjang ini bisa bergerak dan berputar seperti satelit. Gerakan tersebut berguna untuk mendeteksi mangsanya.

2.Hewan pemburu

Kucing caracal predator oportunistik yang bjsa mengejar apa pun yang dapat mereka temukan. Kucing ini memang dikenal suka berburu, oleh sebab itu hewan satu ini tinggal di habitat yang luas seperti hutan yang sangat cocok untuk berburu.

Selain itu, kaki belakang yang kuat memungkinkan mereka melompat setinggi 10 kaki atau tiga meter dan menangkap burung dengan cakarnya yang tebal dan melengkung.

3. Memiliki usia hingga 12 tahun

Kucing caracal rupanya memiliki masa hidup yang tidak lama atau hanya sekitar 12 tahun. Usia 12 tahun ini relatif lebih oendek dari usia kucing asli Indonesia.

Sementara siklus reproduksinya mirip seperti kebanyakan kucing. Caracal dewasa telah bisa aktif secara seksual dan kawin sejak usia 16 bulan. Proses hamil kucing betina selama 2,5 bulan dan dapat melahirkan tiga sampai enam anak kucing.

4. Bisa bertahan tanpa minum

Kucing caracal dapat bertahan hidup tanpa minum dalam jangka waktu yang lama. Hal itu karena kucing caracal memiliki sistem penyimpanan air yang baik dan kemampuan dalam memeras sisa-sisa cairan pada makanan untuk diubah menjadi energi agar tidak dehidrasi.(*)

Tombol Google News

Tags:

hiburan Kucing Caracal Hewan peliharaan Okin Rachel vennya anabul