Menakar 3 Nama Kuat Pendamping Prabowo Subianto

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Naufal Ardiansyah

19 Oktober 2023 08:20 19 Okt 2023 08:20

Thumbnail Menakar 3 Nama Kuat Pendamping Prabowo Subianto Watermark Ketik
Prabowo Subianto hingga kini belum menentukan siapa sosok yang akan mendampinginya di Pilpres 2024. (Grafis: Rihad Humala/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Prabowo Subianto salah satu bakal calon presiden (bacapres) yang belum memiliki pasangan sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) di Pilpres 2024. Dua rival lainnya sudah resmi berpasangan dan mendaftar ke KPU, Kamis (19/10/2023).

Sempat muncul beberapa nama bakal calon Wakil Presiden yang akan mendampingi Prabowo. Nama-nama itu menguat kepada Gibran Rakabuming Raka, Erick Thohir, dan Khofifah Indar Parawansa.

"Dari nama di atas itu, dua dari warga Nahdlatul Ulama (NU) sedangkan Gibran dipilih untuk bisa meraih suara yang diperoleh Jokowi di pemilu sebelumnya. Namun jika dipaksakan nantinya nama Jokowi akan buruk di akhir masa jabatannya," ucap pengamat politik Prof Kacung Marijan, Ph.D., Kamis (19/10/2023).

Foto Pengamat politik Prof Kacung Marijan, Ph.D., (foto: Unusa.ac.id)Pengamat politik Prof Kacung Marijan, Ph.D., (foto: Unusa.ac.id)

Guru Besar Universitas Airlangga Surabaya itu menilai saat ini Jokowi masih memilih dan memikirkan apa akan merestui Gibran untuk menjadi bakal calon wakil presiden mendampingi Prabowo.

"Apa lagi di masa jabatan atau pemilih yang lagi kritis sedang menyerang banyak dengan kebijakan yang dibuat Jokowi," terangnya.

Namun, Kacung menilai jika Prabowo memilih Gibran bisa mengangkat atau bahkan berkurang dalam pemilih di Pemilu 2024. "Karena yang ada pemilih yang kritis itu, jika memang dipaksa bisa pemilih ini akan berkurang atau bahkan bertambah itu masih abu-abu," terang.

Pria yang menjabat sebagai Wakil Rektor 1 Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya itu menjelaskan potensi dua tokoh NU seperti Khofifah Indar Parawansa dan Erick Thohir.

"Jika Prabowo memilih salah satu ini, maka di Pemilu 2024 nanti akan terpecah tiga kelompak warga Nahdliyin untuk mendulang suara sebanyak-banyaknya," ucapnya.

Sosok Khofifah Indar Parawansa yang merupakan Gubernur Jawa Timur ini sejak kecil sudah menjadi tokoh NU. Sedangkan sosok Erick Thohir sudah masuk menjadi warga Nahdliyin usai menjadi anggota Banser.

"Kalau kedua orang memang saat ini sudah menjadi warga NU jadi memang alternatif jika memang Prabowo tidak memilih Gibran untuk menjadi bakal calon Wakil Presiden," ucap Kacung.

Namun, saat ini, Prabowo Subianto masih belum memilih bakal calon wakil presiden yang akan mendampingi di Pemilu 2024. "Ini yang masih kita tunggu siapa yang akan dipilih," pungkasnya.

Untuk diketahui, pendaftaran Capres dan Cawapres 2024 dimulai hari ini tanggal 19 Oktober 2024dan batas akhir pendaftaran dijadwalkan pada 25 Oktober 2023. (*)

Tombol Google News

Tags:

Prabowo Subianto pemilu 2024 Pilpres 2024 Bakal calon wakil presiden presiden