Membunyikan Sendi Hingga Kretek-Kretek Bikin Nyaman, Tapi Apakah Membahayakan?

Jurnalis: Millah Irodah
Editor: M. Rifat

24 Desember 2022 03:34 24 Des 2022 03:34

Thumbnail Membunyikan Sendi Hingga Kretek-Kretek Bikin Nyaman, Tapi Apakah Membahayakan? Watermark Ketik
Ilustrasi melakukan peregangan sendi. (Foto: dok. Hellosehat)

KETIK, SURABAYA – Anda pasti pernah mendengar sendi mengeluarkan bunyi saat melakukan peregangan. Bahkan, Anda mungkin menjadi ketagihan mendengar bunyi “krek” setiap meregangkan sendi yang terasa pegal linu dan kaku.

Namun, apakah sendi bunyi adalah suatu hal yang wajar dan tidak berbahaya? Nah, temukan jawabannya di bawah ini.

Mengapa sendi bisa mengeluarkan bunyi?

Dilansir dari Hellosehat, sendi adalah sambungan dari beberapa tulang. Nah, terdapat dua jenis sendi, yaitu sendi mati dan sendi gerak. Jenis sendi yang bisa mengeluarkan bunyi adalah sendi gerak, seperti buku-buku jari, punggung, leher, lutut, pergelangan kaki, dan siku.

Ada beberapa alasan mengapa sendi bisa berbunyi “krek”, di antaranya :

1. Terjadi pengeluaran udara dari cairan

Cairan sinovial yang terdapat pada sendi berfungsi sebagai pelumas. Nah, cairan ini mengandung oksigen, nitrogen, dan karbon dioksida. Saat sengaja ingin membuat suara “krek” dari persendian, Anda meregangkan kapsul sendi.

Pada saat itu, terjadi pelepasan gas yang terkandung dalam cairan dan berlangsung sangat cepat hingga membentuk gelembung. Jika ingin mengulang bunyi yang sama lagi, Anda perlu menunggu beberapa saat hingga gas kembali ke dalam cairan sinovial.

2. Pergerakan sendi, tendon, dan ligamen.

Saat sendi bergerak, posisi tendon pun bergeser sedikit keluar dari posisi awal. Nah, saat tendon kembali ke posisi semula, Anda mungkin akan mendengar bunyi “krek”.

Pada waktu yang bersamaan, ligamen akan semakin menegang. Hal ini sering terjadi pada sendi lutut atau pergelangan kaki dan bisa menimbulkan bunyi “krek” yang sama.

3. Permukaan sendi yang kasar.

Bagi penderita arthritis, sendi dalam tubuhnya akan lebih sering mengeluarkan bunyi “krek”. Hal ini terjadi karena hilangnya tulang lunak yang halus dan permukaan sendi yang menjadi kasar.

Apakah sendi berbunyi memiliki dampak buruk?

Pada dasarnya, sendi yang mengeluarkan bunyi saat melakukan peregangan tidak akan menyebabkan masalah serius pada sistem gerak tubuh. Jadi, sekali dua kali melakukannya mungkin tak akan menyebabkan masalah serius pada sistem gerak tubuh. Jadi, sekali dua kali melakukannya mungkin tak akan memberi dampak yang besar.

Namun, meski rasa pegal linu hilang setelah membuat sendi berbunyi “krek”, ternyata itu hanya bersifat sementara. Belum lagi, jika hal ini menjadi kebiasaan, tentu akan melenceng dari aturan sendi yang sebenarnya.

Apalagi, tulang rawan memiliki sifat elastis dan lentur. Alhasil, terlalu sering mengeluarkan bunyi saat melakukan peregangan berpotensi menghancurkan bagian-bagian yang terdapat di dalamnya.

Ya, terlalu sering membuat sendi gerak mengeluarkan bunyi dapat membuat sendi membesar dan membuat persendian pada bagian tubuh tersebut melemah.

Sebagai contoh, jika Anda sering melakukannya pada buku-buku jari, tangan akan semakin melemah dan kekuatan genggaman hanya tersisa seperempat dari kemampuan awal.

Sementara itu, apabila sering membuat sendi pada area leher mengeluarkan bunyi, hal ini akan meningkatkan risiko terkena stroke karena kebiasaan ini dapat memicu kerusakan arteri dan pembuluh nadi.

Bahkan, bila gerakan tersebut dilakukan pada area leher dan mengalami saraf terjepit, dampaknya bisa menghambat komando otak ke organ anggota gerak pada tubuh.

Oleh sebab itu, akan lebih baik untuk tidak melakukan kebiasaan menghasilkan bunyi dari sendi saat melakukan peregangan demi menghindari hal-hal yang tidak Anda inginkan.

Selain itu, menurut laman John Hopkins Medicine, jika setelah membuat sendi menghasilkan bunyi Anda merasa sakit hingga terjadi pembengkakan, segera periksakan kondisi ke dokter. Hal tersebut menandakan Anda mengalami cedera dan membutuhkan penanganan segera.

Tak hanya itu, Anda juga perlu waspada dengan bunyi “krek” yang terdengar kasar dan kencang saat sedang melakukan peregangan sendi. Pasalnya, hal ini bisa menjadi salah satu gejala dari osteoarthritis yang perlu Anda waspadai.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kretek-kretek sendi