Masih SD, Grup Vokal Miben Voice Asal Kota Malang Terus Ukir Prestasi

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

1 Maret 2024 08:59 1 Mar 2024 08:59

Thumbnail Masih SD, Grup Vokal Miben Voice Asal Kota Malang Terus Ukir Prestasi Watermark Ketik
Salah satu penampilan unik dari Miben Voice. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Sekelompok siswa Sekolah Dasar (SD) di Kota Malang yang tergabung dalam grup vokal Miben Voice terus mengepakkan sayapnya menuju kesuksesan. Grup tersebut berawal dari keinginan berlatih vokal, namun ternyata berhasil mengukir sejumlah prestasi.

Miben merupakan sebuah akronim dari Miber Dewean atau terbang sendiri. Grup ini beranggotakan sepuluh orang siswa SD dan bermarkas di Jalan Rawisari, Kelurahan Mulyorejo, Kecamatan Sukun, Kota Malang.

Salah satu personil Miben Voice yakni Riyu Candika Septidiawan menjelaskan grupnya telah terbentuk sejak 10 November 2022. Miben Voice memiliki arti sebuah usaha mandiri yang dilakukan anak-anak untuk dapat terus bernyanyi.

"Miben Voice dibentuk 10 November 2022. Arti Miben Voice adalah Miber Dewean (terbang sendiri_red), yang maksudnya adalah dengan usaha mandiri berusaha eksis dalam bernyanyi,” jelas Riyu, Jumat (1/3/2024).

Sudah banyak prestasi yang berhasil ditoreh oleh grup tersebut. Mulai dari Juara Harapan III Surabaya Got Talent 2023, Juara I, II, III di ajang Nusantara Bernyanyi 2023, menjadi bintang tamu DDKids di Museum Musik Dunia, dan torehan prestasi lainnya.

Tak mudah bagi Miben Voice untuk meraih beragam prestasi tersebut. Hingga kini mereka masih sering berlatih untuk terus mengasah vokal dan kemampuannya.

Miben Voice memiliki keunikan sendiri, sebab tidak banyak alat musik yang dapat mereka mainkan. Biasanya mereka menggunakan bantuan alat-alat dapur seperti gelas dan cangkir untuk menghasilkan bunyi yang harmonis.

Selain itu beberapa bunyi alat musik juga dimainkan dengan jenaka menggunakan suara mulut. Selama tampil, Miben Voice juga diiringi dengan alunan gitar dari pelatihnya yang juga merupakan musisi sekaligus pencipta lagu yang dinyanyikan oleh Miben Voice.

Tak jarang penampilan para personil mengundang gelak tawa dan kekaguman dari para penonton. Berkat keunikan tersebut, Miben Voice sering diundang untuk tampil di beberapa kegiatan salah satunya dalam program Ngobrol Mbois Ilakes (Ngombe) di Kelurahan Bakalankrajan.

Miben Voice juga diundang menjadi bintang tamu di ajang Parade Indonesia Bermusik di Surabaya pada peringatan Hari Musik Nasional. Tak tanggung-tanggun, Miben Voive juga telah mulai masuk ke dapur rekaman untuk meramaikan jagat musik di Kota Malang.

Personil lainnya yakni Aurelia Seril Askadina mengaku senang dapat bernyanyi bersama teman-temannya di Miben Voice. Ia juga merasa bangga dengan pencapaian yang telah mereka raih. Menurutnya kegiatan tersebut juga berhasil mengurangi kebiasaannya bermain gawai.

“Saat sudah asyik berlatih dan bernyanyi bersama teman-teman rasanya gembira, jadi melihat handphone hanya untuk belajar lagu saja. Selebihnya berlatih, berlatih dan berlatih lagi agar kita menjadi lebih baik," ujarnya.

Adapun anggota Miben Voice saat ini yaitu Riyu Candika Septidiawan, Rifki Putra Ibrahim, Aurelia Seril Askadina, Serla Putri Mandara, Ike Ayu Lovitasari, Felicia Novita Elsa Agripina, Zanadine Masayu Oktaviani Siswanto, Wildan Yogi Pratama, Muhammad Fajar Aprilian, dan Adiyata Pararama Rajendra.(*)

Tombol Google News

Tags:

Mibe Voice Grup Vokal Kota Malang Seniman Cilik Kota Malang Kota Malang Anak Berprestasi