Mario Aji Finis ke-18, Holgado Juara Tinggalkan Rival di GP Portugal

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Moch Khaesar

26 Maret 2023 13:38 26 Mar 2023 13:38

Thumbnail Mario Aji Finis ke-18, Holgado Juara Tinggalkan Rival di GP Portugal Watermark Ketik
Mario Suryo Aji di sirkuit Algarve, Portimao, GP Portugal. (Foto: Mario Aji for Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA Pembalap grand prix Moto3 satu-satunya asal Indonesia Mario Suryo Aji finis di posisi ke-18 pada balapan perdana musim ini di GP Portugal. Balapan berlangsung di sirkuit Algarve, Portimao, Minggu (26/3/2023). 

Pembalap Red Bull KTM Tech3 Daniel Holgado meraih podium tertinggi. Podium kedua diraih oleh David Munoz dari BOE Motorsport. Diogo Moreira (MT Helmets) melengkapi podium ketiga.

Balapan Moto3 pertama dari 21 seri musim ini tersebut berjalan sangat sengit sejak lap pertama. Nasib sial menimpa rider KTM Ajo, Deniz Oncu yang terpaksa melewatkan warm-up lap akibat motornya mendadak mogok.

Sementara itu, Mario Aji yang start dari posisi ke-22 melakukan start mulus dengan langsung merangsek ke posisi 20. Pada lap ketiga pembalap asal Magetan tersebut bahkan naik peringkat lagi ke posisi 18.

Pada lap 12 Mario Aji sempat melorot lagi ke posisi 19 akibat disalip oleh Oncu. Persaingan makin sengit di sepuluh lap terakhir. Itu karena beberapa insiden sempat terjadi.

Foto Mario Aji di Paddock bersama kru Honda Team Asia. (Foto: Mario Aji for Ketik.co.id)Mario Aji di Paddock bersama kru Honda Team Asia. (Foto: Mario Aji for Ketik.co.id)

Persaingan balapan 19 lap itu mencapai puncaknya di empat lap terakhir. Mario Aji bertarung habis-habisan untuk meraih poin pertamanya musim ini. Dia sempat terus bertahan di posisi 16 sampai balapan tersisa dua lap.

Sayang, upayanya menembus barisan 15 besar untuk meraih poin saat menyentuh finis gagal terwujud. Pembalap 19 tahun itu tertahan oleh Ryusei Yamanaka (GasGas Racing) dan Matteo Bertelle (Rivacold Sniper) yang finis di posisi 16 dan 17.

Mario akhirnya finis di posisi 18. Balapan grand prix Moto3 selanjutnya berlangsung di sirkuit Termas de Rio Honda GP Argentina pada 2 April mendatang. (*)

Tombol Google News

Tags:

Mario Aji Moto3 MotoGP GP Portugal Indonesia