Mahasiswa SIL UI Perkenalkan Teknologi Pengolah Limbah Pangan Rumah Tangga

Jurnalis: Mustopa
Editor: Muhammad Faizin

28 Agustus 2023 04:21 28 Agt 2023 04:21

Thumbnail Mahasiswa SIL UI Perkenalkan Teknologi Pengolah Limbah Pangan Rumah Tangga Watermark Ketik
Kegiatan pengabdian masyarakat mahasiswa Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia (Foto: SIL UI)

KETIK, JAKARTA – Mahasiswa Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia (SIL UI) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat. Dalam kegiatan itu, civitas academica SIL UI menggandeng Semata Art School untuk memberikan edukasi pengolahan limbah pangan rumah tangga kepada orang tua siswa.

Kegiatan tersebut berlangsung di Studio Fragmen Project, Dago, Bandung, Jawa Barat pada Sabtu (26/8/2023). Materi yang disampaikan merupakan temuan inovasi yang dihasilkan melalui sejumlah penelitian mahasiswa SIL UI.

Sosialisasi diawali dengan pemaparan tentang pentingnya kesadaran pengelolaan sampah makanan oleh fasilitator Khairunisa. Selanjutnya ada peragaan pembuatan pupuk cair dari limbah pangan oleh Aryani Zahara selaku alumni SIL UI.

Koordinator acara yang juga Dosen SIL UI, Sri Setiawati mengatakan, kegiatan pengabdian masyarakat itu merupakan komitmen SIL UI dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi. Dengan harapan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat.

”Salah satu komitmen SIL UI dalam melaksanakan Tridharma adalah kegiatan pengabdian masyarakat karena ilmu tidak cukup hanya di bangku sekolah namun juga juga perlu disosialisasikan pada masyarakat,” katanya.

”Sehingga SIL UI kali ini melakukan kegiatan pengabdian masyarakat memperkenalkan Teknologi Pengolah Limbah Pangan Rumah Tangga pada orang tua siswa dari mitra kami,” sambungnya.

Sri Setiawati membeberkan, inovasi yang dihasilkan mahasiswa SIL UI adalah teknologi pembuatan pupuk cair mikroorganisme lokal (MoL) dari limbah pangan. Pupuk tersebut  bisa digunakan untuk tanaman sayuran.

”Pupuk cair itu dihasilkan dari pengolahan limbah nasi yang sederhana sekali prosesnya, juga alat yang dibutuhkan dari sampah juga,” tandasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

SIL UI Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia pupuk cair mikroorganisme lokal Limbah pangan rumah tangga