Lima Manfaat Sauna yang Jarang Diketahui

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Moana

22 Juli 2023 14:00 22 Jul 2023 14:00

Thumbnail Lima Manfaat Sauna yang Jarang Diketahui Watermark Ketik
Ilustrasi sauna. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Merasa penat setelah bekerja, atau lelah dengan aktivitas sehari-hari? Sauna bisa menjadi pilihan untuk mengistirahatkan diri.

Suasana lembab dan panas yang ada di dalam sauna dapat membantu melembutkan otot-otot badan dan menenangkan pikiran. 

Namun, selain menghilangkan stress, ternyata sauna juga memiliki manfaat lain yang jarang diketahui. Berikut kami ulas berbagai manfaat sauna untuk kesehatan, simak penjelasannya.

1. Meningkatkan Sistem Imun

Memasuki ruangan sauna selama 15 menit ternyata dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini terjadi karena saat di dalam sauna jumlah sel darah putih kita meningkat. Selain itu, mekanisme metabolisme tubuh juga akan meningkat, karena tubuh berusaha mendinginkan tubuh dari panasnya ruangan sauna.

2. Memulihkan Otot

Bagi kamu yang selesai berolahraga atau latihan memasuki ruangan sauna ternyata memiliki efek pemulihan bagi tubuh. Sirkulasi panas yang dikeluarkan sauna meningkatkan sirkulasi darah ke otot dan membantu meregerenasi dengan lebih cepat. 

3. Merilekskan Tubuh

Udara lembab, panas dan sunyi di dalam ruangan sauna ternyata dapat merilekskan tubuh. Hal ini sangat bermanfaat bagi kamu yang merasa memiliki gangguan kecemasan dan stress. Tidak perlu berlama lama cukup 10 hingga 15 menit, ada baiknya selama di dalam kamu melakukan meditasi singkat untuk memaksimalkan manfaatnya.

4. Menjaga Tekanan Darah

Udara panas di dalam sauna dapat membuat sistolik tetap rendah. Hal ini karena pembuluh darah mengalami pelebaran sehingga menyebabkan aliran darah menjadi lebih cepat. Untuk mendapatkan manfaat ini usahakan berada ruangan sauna selama 30 menit.

5. Meringankan Sakit Punggung

Masih belum banyak orang yang tahu ternyata berdiam diri didalam sauna dapat meringankan sakit punggung. Proses ini terjadi karena udara panas di dalam sauna ternyata mampu menembus otot dan ligamen di punggung bawah dan membuka pembuluh darah. 

Akibatnya sirkulasi darah ke seluruh tubuh menjadi lancar dan membantu merilekskan otot-otot yang tegang dan kaku. Hasilnya, nyeri punggung akan berkurang dan kamu bisa bergerak bebas.(*)

Tombol Google News

Tags:

Sauna kesehatan rileksasi tekanan darah nyeri punggung Tempat sauna terbaik Rekomendasi sauna Tempat sauna terdekat