Libatkan 200 Petugas, KPU Kabupaten Kediri Mulai Sortir dan Lipat Surat Suara

Jurnalis: Isa Anshori
Editor: Naufal Ardiansyah

5 Januari 2024 11:42 5 Jan 2024 11:42

Thumbnail Libatkan 200 Petugas, KPU Kabupaten Kediri Mulai Sortir dan Lipat Surat Suara Watermark Ketik
Proses pelipatan surat suara di Gudang Logistik, Jalan Raya Gampengrejo, Desa Gampengrejo, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri, Jumat (5/1/2024). (Foto: Isa/Ketik.co.id)

KETIK, KEDIRI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri mulai tahapan penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024.

Proses ini dilaksanakan di Gudang Logistik tepatnya di Jalan Raya Gampengrejo, Desa Gampengrejo, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur dengan petugas sebanyak 200 orang.

"Sementara kita libatkan 200 petugas yang sudah kami latih," kata Ketua KPU Kabupaten Kediri, Ninik Sunarmi, Jumat (5/1/2024) pagi. 

Ratusan petugas tersebut kata Ninik sebelumnya telah mendaftar sebagai petugas sortir dan lipat. Sementara untuk honor dalam kegiatan itu KPU Kabupaten Kediri memberikan Rp 222 per lembar surat suara pada kertas Capres-cawapres, dan Rp 296 per lembar surat suara untuk DPRD Provinsi, DPD, dan DPR RI. Honor ini terbilang naik dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai Rp 100 per lembar. 

"Antusias masyarakat untuk mendaftar sebagai petugas sortir dan lipat sangat tinggi. Maka kami juga melihat kinerja dari 200 orang ini, kalau memang nanti butuh lagi kita akan tambah, target kita tanggal 25 Januari sudah selesai," paparnya. 

Ninik menuturkan, petugas sortir dan lipat surat suara Pemilu 2024 ini akan menggarap sesuai jumlah DPT (daftar pemilih tetap) yang ada di Kabupaten Kediri sebanyak 1.262. 944 pemilih. Sesuai kesepakatan, para petugas itu bisa istirahat sesuai dengan waktu yang telah disepakati dan tidak ada ketentuan shift. 

"Tidak ada ketentuan shift dalam proses itu, sesuai kesepakatan. Tapi kita minta untuk bekerja secara maksimal agar tepat waktu dan harus teliti," ungkapnya.

Dalam satu hari, KPU Kabupaten Kediri belum bisa menargetkan berapa surat suara yang nantinya bisa terlipat. Menurut Ninik karena memang masih perdana, para petugas diharapkan bisa menyesuaikan diri dan bekerja dengan maksimal. 

"Belum bisa menargetkan, sambil kita lihat besok karena ini masih pertama. Harapannya tepat waktu," tandasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kpu Kabupaten Kediri sortir surat suara pemilu 2024 kediri petugas lipat dan sortir pilpres2024