Lestarikan Seni Budaya, 3 Ribu Praja IPDN Pecahkan Rekor Pagelaran Angklung Dunia

Jurnalis: Mustopa
Editor: Marno

7 Agustus 2023 04:02 7 Agt 2023 04:02

Thumbnail Lestarikan Seni Budaya, 3 Ribu Praja IPDN Pecahkan Rekor Pagelaran Angklung Dunia Watermark Ketik
Tiga ribu praja IPDN ikut memecahkan rekor dunia pagelarang angklung terbesar (Foto: IPDN)

KETIK, JAKARTA – Sebanyak 3 ribu praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) ikut terlibat dalam pergelaran angklung terbesar di dunia. Kegiatan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Sabtu (5/8/2023) malam.

Pertunjukan angklung ini diselenggarakan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) yang dipimpin istri Menteri Dalam Negeri, Tri Tito Karnavian. Acara melibatkan total 15.240 orang dan mampu memecahkan rekor dunia atau Guinness World Records.

Rekor berhasil dipecahkan setelah lebih dari lima belas ribu orang itu membawakan lagu ’Berkibarlah Benderaku’ ciptaan Saridjah Niung. Lagu tersebut diiringi oleh Saung Angklung Udjo dan ribuan praja IPDN.

Sertifikat Guinness World Records diterima Tri Tito Karnavian mewakili OASE KIM. Selanjutnya, sertifikat diserahkan kepada Ibu Negara, Iriana Joko Widodo yang turut hadir bersama Presiden Jokowi.

Menurut Rektor IPDN, Hadi Prabowo, pertunjukan angklung yang berhasil memecahkan rekor dunia merupakan upaya merawat budaya Indonesia dengan melestarikan alat musik tradisional. Harapannya untuk menumbuhkan nasional sekaligus menjaga persatuan seluruh elemen bangsa.

”Pemecahan rekor ini bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan dan turut melestarikan alat musik tradisional Indonesia yakni angklung,” ungkap Hadi Prabowo dalam keterangannya.

Praja IPDN yang terlibat dalam acara dibawa dari kampus IPDN Jatinangor menggunakan 59 bus. Mereka didampingi 260 orang yang terdiri dari satuan Bina Pelatihan Praja, Satuan Manggala Praja, dan beberapa civitas academica.

”Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak Menteri Dalam Negeri beserta Ibu Menteri Dalam Negeri yang telah percaya untuk melibatkan praja IPDN Kemendagri dalam pergelaran besar ini,” jelas Hadi.(*)

Tombol Google News

Tags:

Ipdn OASE-KIM Pagelaran Angklung Rekor Dunia