Kunjungi Pulau Gili Probolinggo, Anggota DPR RI Faisol Riza Langsung Diwaduli Warga

Jurnalis: Tunjung Mulyono
Editor: M. Rifat

9 Desember 2023 11:15 9 Des 2023 11:15

Thumbnail Kunjungi Pulau Gili Probolinggo, Anggota DPR RI Faisol Riza Langsung Diwaduli Warga Watermark Ketik
Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Riza saat mengecek kerusakan Dermaga di Pulau Gili, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Jum'at (8/12/2023). (Foto: Tunjung Mulyono/Ketik.co.id)

KETIK, PROBOLINGGO – Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Riza bersama Habib Ali Zainal Abidin Al Habsyi, berkunjung ke Pulau Gili Ketapang, Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo pada Jum'at (8/12/2023).

Kunjungan itu mendapatkan sambutan hangat dari ratusan warga Pulau setempat. Sesampainya di pulau satu-satunya di kabupaten Probolinggo itu, warga Pulau Gili langsung Wadul atau melapor kepada Faisol Riza. Mereka mengeluhkan terkait dengan minimnya layanan kesehatan yang disediakan oleh pemerintah daerah setempat.

Utamanya karena hanya ada Puskesmas pembantu (Pustu) yang hanya dijaga oleh Perawat dan Bidan saja, tidak ada dokter.

Hal inilah yang membuat warga Pulau Gili yang masuk dalam wilayah administratif desa Gili Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo itu kesulitan jika ada warganya yang sakit parah dan membutuhkan penanganan intensif.

"Kami butuh dokter yang bertugas di sini. Agar kalau ada warga yang sakit, tidak perlu lagi menyeberang ke daratan. Lebih-lebih di sini juga tidak ada kapal siaganya," ujar Hasyim salah seorang warga Pulau Gili kepada Faisol Riza, Jumat (8/12/2023).

Tak hanya itu, Hasyim juga menyampaikan bila warga Pulau Gili yang mayoritas merupakan nelayan sangat membutuhkan adanya pembangunan infrastruktur yang signifikan untuk menunjang perekonomian.

"Paling tidak dermaga yang rusak itu diperbaiki dan jangan dibiarkan begitu saja. Kemudian kalau tangkapan ikan sedang sepi, kami diberikan program pinjaman lunak dengan berbagai kemudahan dan bunga yang rendah," katanya.

Menanggapi hal itu, Faisol Riza yang juga merupakan ketua DPP PKB mengungkapkan, jika sudah selayaknya warga Pulau Gili yang berjumlah sekitar 9 ribu jiwa ini mendapat perhatian lebih dari pemerintah daerah, utamanya pada pemenuhan layanan kesehatan warga.

"Keluhan bapak ibu terkait dengan ketiadaan fasilitas kesehatan mandiri akan kami perhatikan dan kawal aspirasinya hingga pemerintah pusat. Sehingga kelak warga Pulau Gili tidak perlu lagi menyeberang ke daratan untuk sekedar berobat," ujarnya.

Terkait dengan program pinjaman lunak saat tangkapan ikan sepi, Faisol Riza yang merupakan anggota DPR RI dari Dapil Jatim II Probolinggo - Pasuruan menyatakan dalam waktu dekat ini dia akan meminta pihak Bank yang terkait untuk turun langsung dan menyediakan layanan pinjaman lunak bagi warga Pulau Gili.

"Insya Allah dalam waktu dekat ini, akan ada pihak bank yang akan datang dan menyediakan program pinjaman lunak tersebut," sebutnya.

Sementara itu, terkait dengan rusaknya infrastruktur berupa dermaga yang mengganggu aktifitas perekonomian warga, Faisol Riza dengan inisiatifnya menegaskan jika hal itu tak bisa dibiarkan dan perlu segera dilakukan perbaikan. Mengingat dermaga adalah pintu keluar dan masuknya kapal ke pulau Gili.

"Tidak perlu khawatir, dermaga itu akan saya perbaiki. Tidak perlu nunggu lama, karena akan pakai dana pribadi saya. Semoga dapat bermanfaat bagi orang banyak," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Faisol Riza pkb gili ketapang probolinggo