Kunjungi Pakistan, Presiden Iran Pastikan Dukung Kemerdekaan Palestina

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

25 April 2024 04:32 25 Apr 2024 04:32

Thumbnail Kunjungi Pakistan, Presiden Iran Pastikan Dukung Kemerdekaan Palestina Watermark Ketik
Presiden Iran Ebrahim Raisi bertemu dengan Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif di Ibu Kota Islamabad. (Foto: Foto: Dok. X/Pakistan Prime Minister's Office)

KETIK, JAKARTA – Ketegangan antara Israel dan Iran rupanya masih terus berlanjut. Serangan Israel ke Iran membuat suasana di Timur Tengah makin memanas. 

Presiden Iran, Raisi mengunjungi Pakistan untuk memulai perjanjian dagang dengan negara pecahan India tersebut pada Senin (22/04/2024). Dalam pertemuan tersebut kedua negara sepakat untuk meningkatkan kerjasama senilai USD10 miliar per tahun.

Kedua negara yang bertetangga ini berupaya memperbaiki hubungan setelah terjadinya serangan militer yang belum pernah terjadi sebelumnya tahun ini.

"Republik Islam Iran dengan terhormat akan terus mendukung perlawanan Palestina,” terang Raisi dalam pidatonya di Lahore, Pakistan dikutip dari kantor berita resmi IRNA pada Selasa (23/4/2024).

Sebelumnya, Israel menyerang Iran dengan mengirimkan ratusan rudal balistik ke wilayah Iran. Akibatnya ledakan terdengar di Kota Isfahan, Iran pada Jumat (19/4/2024).

Akan tetapi Iran tidak memiliki rencana untuk melakukan serangan balasan.

Serangan Israel kepada Iran merupakan balasan atas serangan ke wilayah Israel sebagai respojs atas serangan di komplek kedutaan besar Ira di Damaskus.(*)

Tombol Google News

Tags:

internasional Kerjasama Iran Pakistan kemerdekaan Palestina Dukungan