Kucing GBK Dimasukkan Plastik, Vendor Beri Klarifikasi

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

18 Juni 2024 10:15 18 Jun 2024 10:15

Thumbnail Kucing GBK Dimasukkan Plastik, Vendor Beri Klarifikasi Watermark Ketik
Dua petugas vendor GBK saat memberikan klarifikasi seputar tuduhan penganiayaan kucing. (Foto: Istimewa)

KETIK, JAKARTA – Beberapa hari lalu viral video petugas pengendali hama di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) memasukkan kucing liar ke dalam karung plastik. Menanggapi video itu, Pengelola GBK dan petugas menyampaikan klarifikasi. Video kucing dikarungin mulai viral di media sosial pada Senin (17/6/2024) lalu. Video viral itu antara lain diunggah di akun Instagram Jakarta Animal Aid Network (JAAN).

Dalam video itu, dua petugas sedang merelokasi kucing liar di kawasan GBK. Saat menjalankan tugasnya, ada satu kucing dimasukkan ke dalam karung plastik. 

Pihak GBK telah menegur vendor insekta.id yang telah memasukkan kucing ke dalam plastik. Petugas insekta.id pun menyampaikan klarifikasi terkait peristiwa ini. Video klarifikasi itu disampaikan melalui akun Instagram @insekta.co.id, Selasa (18/6/2024).

Dalam video tampak dua petugas insekta, yakni Dede dan Wahyu yang menjelaskan duduk perkara memasukkan kucing ke dalam plastik.

Wahyu menjelaskan bahwa penangkapan kucing liar di kawasan GBK tidak menggunakan plastik. Ia mengaku memakai plastik karena pet cargo yang dibawa sobek dicakar kucing. Ia pun menunjukkan pet cargo yang sobek itu.

"Saya Wahyu dari Insekta, ingin mengklarifikasi soal adanya video yang viral penangkapan kucing kemarin. Itu sebenarnya saya tidak menggunakan plastik, itu karena urgent, karena pet cargo yang saya bawa itu sobek dicakar kucing," ujar Wahyu.

Dia mengatakan bahwa dirinya sama sekali tidak menyiksa kucing. Kucing tersebut dimasukkan plastik semata-mata karena kondisinya darurat.

"Dan saya pun tidak menyiksa hewan peliharaan atau hewan hidup. Itu karena urgent. Sementara," katanya.

"Jadi kita tangkap ke tempat yang lebih layak, jadi itu sementara," lanjutnya.

Wahyu memastikan kucing yang mereka tangkap sehat dan terawat. Wahyu pun menyampaikan permintaan maaf atas video tersebut. Ia mengaku melakukan kesalahan teknis dalam bekerja.

"Dan sebelumnya minta maaf sebesar-besarnya atas membawa kucing yang begitu kesalahan teknis dalam bekerja," pungkasnya.  (*)

Tombol Google News

Tags:

Kucing GBK kucing GBK di plastik video viral Jakarta Animal Aid Network