KPU Kota Batu Terima 168.057 Surat Suara Pemilihan DPRD Kota Batu

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

5 Januari 2024 09:15 5 Jan 2024 09:15

Thumbnail KPU Kota Batu Terima 168.057 Surat Suara Pemilihan DPRD Kota Batu Watermark Ketik
KPU Kota Batu menerima Surat Suara Caleg DPRD Kota Batu pada Kamis (5/1/2023) malam. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – KPU Kota Batu menerima 168.057 surat suara pemilihan DPRD Kota Batu pada Kamis (5/1/2023) malam. Surat suara tersebut untuk memenuhi kebutuhan di 4 daerah pemilihan Kota Batu.

Heru Joko Purwanto, Ketua KPU Kota Batu mengatakan surat suara tersebut diterima dalam kondisi lengkap serta datang dengan pengawalan aparat kepolisian.

"Kemarin malam pukul 20. 30, KPU Kota Batu menerima pengiriman surat suara DPRD Kota Batu sebanyak 168. 057. Jumlah itu sudah dua persen setiap TPS nya. Jadi sudah terpenuhi," katanya, Jumat (5/1/2023).

Surat suara tersebut sudah disimpan di gudang KPU Kota Batu. Mulai hari ini dilakukan pelipatan surat suara yang dimulai dari surat suara DPRD Kota Batu.

"Hari ini langsung dilakukan proses pelipatan. satu-satu dulu, diawali pelipatan surat suara DPRD Kota, DPR provinsi, DPR RI, Presiden dan DPD. Untuk Presiden dan DPD, karena relatif mudah maka belakangan," tambahnya.

Heru menjelaskan, seluruh suara-suara telah datang kecuali DPD yang dijadwalkan tiba pada tanggal 9 Januari 2023. Namun, jadwal tersebut bisa berubah sewaktu waktu karena percepatan produksi.

 "Andaikata tanggal 7 sudah selesai maka tanggal itu juga dikirim. Selama ini penerimaan surat suara kami selalu maju dari jadwal," ujarnya.

Lebih lanjut Heru menguraikan, pada proses pelipatan tersebut sekaligus dilakukan proses sortir untuk mencermati jika ada surat suara yang rusak. Kerusakan tersebut bisa berupa buram, atau tidak sesuai warna penandaan.

"Setelah itu yang rusak akan kita sisihkan untuk dilaporkan KPU RI melalui KPU Provinsi," tegasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu KPU Kota Batu surat suara pemilu 2024