KPU Kabupaten Malang Gelar Simulasi Pemilu 2024, Hadirkan Petugas dan Pemilih Riil

Jurnalis: Gumilang
Editor: M. Rifat

27 Desember 2023 13:45 27 Des 2023 13:45

Thumbnail KPU Kabupaten Malang Gelar Simulasi Pemilu 2024, Hadirkan Petugas dan Pemilih Riil Watermark Ketik
KPU Kabupaten Malang ketika menggelar Simulasi Pemilu 2024 (27/12/2023). (Foto: Gumilang/ketik.co.id)

KETIK, MALANG – KPU Kabupaten Malang menggelar simulasi Pemilu 2024, Rabu, (27/12/2023). Pelaksanaan simulasi meliputi pemungutan hingga perhitungan suara menghadirkan petugas dan riil yang telah masuk dalam Daftar Pemilih Tetap atau DPT.

Simulasi dilakukan di Tempat Pemungutan Suara atau TPS dimulai pukul 07.00 wib. Diawali dengan kehadiran para pemilih di TPS. Selanjutnya, pemilih dipanggil untuk menggunakan hak suaranya.

Dalam hal ini pemilih masuk ke bilik suara untuk melakukan pencoblosan di lima kertas surat suara. Mulai dari surat suara Pilpres, DPR RI, DPRD Jatim, DPRD Kota/Kabupaten dan DPD RI.

Kemudian, pemilih memasukkan Surat suara ke tempat yang telah disediakan. Tahapan diakhiri dengan pemilih mencelupkan jari ke tinta. Petugas KPPS juga melakukan simulasi penghitungan suara.

Komisioner KPU Kabupaten Malang, Marhendra Pramudya Mahardika menjelaskan tentang pelaksanaan simulasi Pemilu 2024. "Awalnya kita merencanakan simulasi pemungutan suara ini untuk mengetahui segala proses mulai dibuka TPS jam 7 sampai ditutup jam 1 (Siang)," ujarnya.

Segala tahapan maupun proses ini kata dia, perlu disimulasikan. Khususnya untuk mengetahui aturan, selama dilaksanakan tahapan pemungutan suara di TPS pada Pemilu 2024 mendatang.

"Apa yang harus dilakukan pemilih, apa yang harus dilakukan KPPS, petugas ketertiban. Dan apa yang tidak boleh dilakukan di TPS," kata Dika sapaan akrabnya. Pada saat dilakukan simulasi terangnya, dilakukan layaknya pemungutan sesungguhnya.

"Kita hadirkan pemilih dari wilayah Kepanjen yang terdapat dalam DPT," terangnya. Pihaknya juga menghadirkan secara langsung petugas KPPS yang akan bertugas di TPS.

Menurutnya, dalam simulasi itu ditekankan beberapa hal penting. "Terus yang paling utama, siapapun tidak boleh ada di dalam TPS. Kecuali KPPS, petugas ketertiban, pemilih, saksi, serta pengawas yang lain," ungkapnya.

Dari hasil simulasi kata ia, tidak ada kendala yang krusial. "Minimal situasi di TPS seperti ini. Yang pasti pintu keluar dan masuk harus diakses oleh kursi roda bisa masuk ke dalam TPS untuk disabilitas dan pengguna kursi roda. Tidak ada tangga untuk masuk ke lingkungan TPS," tuturnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Simulasi Pemilu 2024 pemilu2024 KPU Kabupaten Malang Kabupaten Malang Pileg2024